Diskusi mengenai perubahan tidak bisa lepas dari kehidupan kita dan orang-orang di sekitar kita. Perubahan bisa bersifat pribadi, namun bisa juga bersifat sosial jika berdampak pada suatu organisasi, perusahaan, atau instansi. Perubahan bisa direncanakan atau tidak direncanakan (terencana vs tidak terencana). Perubahan yang tidak direncanakan terjadi hanya melalui fenomena alam atau dialami oleh organisasi, dan individu merespons perubahan yang tidak direncanakan untuk mempertahankan atau memperbaiki situasi mereka saat ini.
Perubahan yang direncanakan adalah hasil serangkaian tindakan persiapan untuk mewujudkan perubahan dan pelaksanaan serangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan atau keadaan organisasi tertentu yang diinginkan. Hal ini berarti melakukan perubahan secara proaktif dan bukannya bereaksi terhadap perubahan yang disebabkan oleh kekuatan di luar organisasi.
Ada banyak perubahan yang dapat dianggap sebagai perubahan terencana dalam arti bahwa perubahan tersebut melibatkan upaya sadar untuk mengubah aspek tertentu dari bisnis tertentu. Alasan mengapa hal ini terjadi adalah karena kita telah berkali-kali melihat bahwa cara kita memandang perubahan adalah sebuah kelemahan yang perlu diperbaiki, bukan strategi organisasi untuk bertahan hidup dan bersaing.
Akibatnya, perusahaan memutuskan untuk merencanakan produk atau jasa baru. Atau mungkin Anda memutuskan perlu mendesain ulang proses dasar atau ingin menerapkan teknologi baru. Beberapa orang percaya bahwa proses perubahan yang direncanakan perlu dilakukan secara terus menerus. Di bawah ini adalah tabel yang merangkum berbagai jenis perubahan organisasi.
Perubahan strategis Sikap pertumbuhan Putar balik Pengurangan jumlah karyawan Stabilitas Perubahan struktural Reorganisasi fungsional Perataan hierarki Struktur tim Desentralisasi kekuasaan Perubahan teknologi Otomatisasi proses Jaringan Aplikasi Baru Perangkat Lunak atau Transformasi Perubahan Orang Pengaturan atau Masalah terkait Keterlibatan Dampak atau Peningkatan Kinerja Inisiatif Kualitas Kehidupan Kerja Inisiatif Desain Ulang atau Motivasi Kerja Perusahaan nirlaba?
Sebaliknya, ada beberapa bagian tentang perubahan organisasi. Pertimbangkan alasan Anda dan pertimbangan lainnya saat memilih perubahan mana yang akan dilakukan, dan sesuaikan dengan kebutuhan organisasi atau perusahaan Anda. Perubahan apa pun adalah hal yang baik jika Anda bersemangat untuk meningkatkan organisasi atau perusahaan Anda.