Senin, 29 April 2024

Struktur Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini: Kurikulum Merdeka

Struktur Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini (TK/Playgroup/Day Care Center/format lain yang setara) Terdiri atas: 

1. Intrakurikuler

 Di dalam Kurikulum terdapat struktur yang dibutuhkan anak pada tahap hasil belajarnya .Ini dirancang untuk membantu Anda mempelajari keterampilan dasar. Hasil pembelajaran Tahap landasan terdiri dari unsur-unsur sebagai berikut: 

  • Nilai-nilai agama dan kepribadian
  • Identitas
  • dan Dasar-dasar Membaca, Menulis, Matematika, Sains, Teknologi, Teknik, dan Seni

Kegiatan kurikuler ini dilaksanakan melalui permainan bermakna. Proses pembelajaran dilaksanakan sedemikian rupa sehingga memenuhi kebutuhan belajar anak. Artinya, suatu proses pembelajaran yang mencakup dan memungkinkan pengalaman yang menyenangkan dan bermakna. Kegiatan dapat memanfaatkan sumber belajar nyata yang  ada di lingkungan  anak. Sumber belajar yang tidak ada secara fisik dapat disediakan melalui teknologi, buku  anak, atau bentuk dukungan lainnya. 

Kegiatan Intrakurikuler ini menjadi bagian dasar dari kurikulum yang berlaku di kelas, atau bisa dikatakan sebagai kegiatan yang berada dalam kurikulum harian sekolah atau termasuk jadwal pelajaran yang telah ditentukan setiap harinya untuk ditempuh siswa yang sudah terjadwal jam pelajaran, hari beserta rentang waktu pelajaran tersebut diterima dan dijalankan oleh guru dan siswa.

 2. Proyek Peningkatan Profil Siswa Pancasila 

Proyek Peningkatan Profil Siswa Pancasila merupakan inisiatif untuk mewujudkan Profil Siswa Pancasila yang menitikberatkan pada Standar Tingkat Prestasi Perkembangan Anak pada Pendidikan Anak Usia Dini (TK/Permainan).

Kegiatan ini dilakukan guna memperkuat Sekolah  Anak/Bentuk Sederajat Lainnya). Proyek Peningkatan Profil Mahasiswa Pancasila bertujuan untuk memantapkan perwujudan enam aspek Profil Mahasiswa Pancasila pada tahap landasan.

Proyek peningkatan visibilitas pelajar Pancasila dilaksanakan dalam satu atau dua proyek dengan tema berbeda dalam satu tahun ajaran. Penyelenggaraan proyek penguatan profil siswa Pancasila melalui pembagian waktu pembelajaran pada  pendidikan anak usia dini (TK/kelompok bermain/TK/bentuk lain yang sederajat). 

Kurikulum Merdeka ini memberikan pembelajaran tentang kenegaraan dari kecil atau sedari kecil, sehingga kekentalan akan pancasila senantiasa dikembangkan dalam diri Warga Negara Indonesia.

 3. Alokasi Waktu Pembelajaran. 

Pentingnya  Klasifikasi waktu pembelajaran pada PAUD usia 4 sampai dengan 6 tahun (TK/playgroup/nursery/bentuk lain yang sederajat) Minimal 900 (sembilan ratus) menit per minggu.

 Pembagian waktu belajar pada pendidikan anak usia dini (TK, akelompok bermain, taman kanak-kanak dan bentuk lain yang sederajat) pada usia 3 sampai dengan 4 tahun minimal 360 menit per minggu. Dengan alokasi waktu ini memberikan ruang kepada siswa untuk lebih banyak mengeksplor diri dan bermain diusia  pendiidkan TK atau Taman Kanak-kanak atau PAUD ini. 

Kurikulum meredeka memberikan ruang bagi siswa sendiri untuk pengembangan diri dan mengenal dunia luar lebih jauh bagi anak-anak. 

 .


Tidak ada komentar:

DAMKAR SERTA MASYARAKAT MENYELAMATKAN SAPI YANG TERPELESET DI SUMUR

Petugas Pemadam Kebakaran (DAMKAR) berhasil mengevakuasi seekor sapi milik warga yang terpeleset dan jatuh ke dalam sumur di desa itterung k...