Senin, 27 Mei 2024

CONTOH SURAT KETERANGAN BEDA NAMA DI BUKU NIKAH

 

Apakah kamu termasuk orang atau earga yang memiliki beberapa identitas? yang diperoleh dari seringnya berpindah-pindah lokasi, tempat tinggal sehingga memiliki data ganda, atau double. ataupun terdapat perbedaan data di kependudukan, NIK, KTP, KK, Tempat tanggal lahir atau lainnya, bahkan di buku nikah juga memiliki perbedaan nama. Maka mulai dari sekarang kamu harus jeli memperhatikan hal tersebut diatas. 

Nah, bagi kamu yang memiliki data tersebut, ini ada beberapa contoh surat yang harus kamu isi, yang selanjutnya melakukan pengurusan kepada pihak terkait, baik itu di Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil, Di KUA, karena perbedaan nama bahkan sampai kepada Kemenag atau pengadilan Negeri atau pengadilan Agama untuk mendapatkan dan melakukan sidang terkait kepemilikan nama atau identtas tersebut sebagai orang yang sama. 

Sebagaimana jika seseorang memiliki identitas yang berbeda dengan Buku Nikah maka Di KUA, atau pengadilan agama, dan jika terdapat perbedaaan di KTP, KK dan Akta kelahiran maka dilakukan sidang di pengadilan negeri untuk memperoleh dan memperoleh secara sah, nama yang sama. Berikut contoh surat dalam perbedaan nama atau identitas di Buku Nikah


Kenapa hal ini penting untuk di urus? satu data yang sama atau valid adalah sangat penting, di era sekarang ini, karena segala sesuatu yang ingin kita urus atau hal semacamnya harus berdasarkan data NIK, KK, berupa KTP, Buku Nikah dan SUrat-SUrat lainnya baik SIM, STNK Motor atau Mobil dan lainnya. 
Olehnya itu, perbedaan nama di beberapa surat tersebut, harus dilakukan.


contoh surat untuk KELENGKAPAN BERKAS pemberhentian dan pengangkatan BPD

 Kamu seorang petugas desa, atau bergelut dengan desa dan pemberdayaan? berikut penulis berikan contoh terkait dengan beberapa berkas untuk surat pengantar BPD dan dalam kisaran rekomendasi BPD




BPD sebagai lembaga dalam pemerintahan desa, tidak bisa terlepas dari pemerintah desa, karena memiliki peran dalam pengawasan pemerintah desa, baik dalam lingkup pembangunan, sumber daya manusia, pembinaan masyarakat desa, pemberdayaan dan penanggulangan bencana, keadaan darurat dan mendesak. 

Dalam keadaan tertentu, BPD dalam menjalankan tugasnya tentunya juga terkadang membutuhkan pengangkatan serta pemberhentian, yang berasal dari beberapa alasan, entah karena meninggal, berhenti karena sakit, pindah domisili, berhenti karena alasan pekerjaan lainnya atau diberhentikan karena sudah tidak memenuhi kriteria dengan dilampirkan surat pernyataan pengunduran diri. 

berikut versi lainnya:

Surat Pengantar:

Surat Rekomendasi pemberhentian yang akan langsung juga digantikan oleh anggota BPD melalui Kegiatan musyawarah atau seleksi secara langsung


Rekomendasi Oleh Camat sebagai Bentuk tidnak lanjut dari pelaporan tentang kegiatan perekrutan Anggoat BPD di tingkat desa, oleh panitia penjaringan

CONTOH SURAT KETERANGAN BEDA NAMA DI KK, KTP, BPJS, DAN SPPT TANAH

Kamu seorang administrator? atau operator Desa?

Tentu sangat membutuhkan dan sibuk akan layanan persuratan di kantor bukan. Nah, mungkin suatu hal yang mudah, jika kamu sebagai administrasi lama dan tertib lengkap administrasi dan ilmu kearsipan senantiasa KAMU LAKUKAN, mungkin bukanlah suatu pekerjaan besar atau berat jika kamu dihadapkan pada pelayanan di masyarakat d kantor desa atau kantor lurah, Karena semua file-file kantor atau adanya contoh dari arsip-arsip yang lama. 

namun tidak bisa dipungkiri, khususnya untuk lingkungan desa setempat, bahwa ketika ada perpindahan jabatan kepala desa maka akan selalu terjadi perpindahan perangkat desa baru pula. kenapa hal itu terjadi? hal ini sudah menjadi kebiasaan dan bahkan telah mendarah daging di masyarakat, sebagaimana ketika terjadi pemilihan presiden dan wakil presiden maka terganti pulalah kabinet atau menteri yang  mendukung pekerjaan presiden. Begitupula dengan kepala desa, jika kepala desa terganti maka terganti pulalah aparat dan perangkat desa, sampai kepada tingkat RT/RW dan tenaga pendukung lainnya dalam mengembangkan desa. 

Nah apa yang terjadi, jika semua perangkat baru, dan tidak bisa dipungkiri, jika suatu waktu para arsip yang telah dilakukan di kantor tidak ada, atau dimusnahkan bisa terjadi akibat tergantinya kepala desa, atau bencana alam sehingga arsip sudah tidak ditemukan, serta bencana alam lainnya, seperti banjir, kebakaran dan sebagainya. 

Nah, dalam blog ini akan menjelaskan dan membagikan beberapa contoh persuratan tentang administrasi di desa, Bagi kamu perangkat desa ataupun masyarakat setempat yang ingin membuat atau mengurus surat-surat di kantor lurah atau desa, namun tidak ingin menunggu lama di kantor, maka kamu bisa membuat surat-surat tersebut, kemudian hanya tinggal mengambil ttd dan cap kantor di kantor desa atau lurah setempat dimana kamu bertempat tinggal. 

Berikut contoh surat administrasi keperluan di kantor desa, diantaranya, surat keterangan beda nama saja ada dua jenisnya, sebagaimana berikut:

1. Surat Keterangan Beda Nama (KTP/KK, BPJS)



2. Surat Keterangan Beda Nama di SPPT atau Surat Perintah Pembayaran Tanah/bangunan 


diatas, masih berkisar surat keterangan beda nama. nah masih banyak surat yang dibutuhkan akan dipaparkan oleh penulis selanjutnya. 


Sabtu, 25 Mei 2024

Mengawal Pemilukada 2024

Dengan terlaksananya  pemilu serentak pada 14 Februari, kampanye pemilu 2024 tidak hanya mencakup penjaringan calon presiden dan wakil presiden, namun juga penjaringan calon anggota parlemen baik  di DPRD maupun DPRD. 

 Kegiatan pemilu kemarin, dianggap sebagai Pemilu masih berjalan lancar, banyak topik yang dibicarakan mengenai calon anggota parlemen, tetapi juga isu  desa yang semakin banyak dikampanyekan. Walaupun banyak kegiatan yang menjadi kegiatan sengketa pilpres dan kegiatan lainnya bukan.

 Kampanye pemilu yang dilakukan oleh masing-masing calon anggota parlemen diawali dengan pembentukan seorang koordinator atau koordinator desa yang bertugas melaksanakan dan mewujudkan keinginan masyarakat, yang kemudian diteruskan kepada  calon anggota parlemen tertentu, dengan derajat yang berbeda-beda kesuksesan. Hal ini ditandai dengan menjadi berbeda dengan kegiatan lain bukan

 Aspirasi masyarakat inilah yang dimanfaatkan para calon anggota parlemen untuk maju pada pemilukada dengan janji-janji dan  melakukan kerja nyata setelah mereka dilantik ke DPR. Namun tidak terjaring dalam pemilu kemarin, maka beberapa orang  pendaftar atau calon DPR kembali yang kemudian aju kembali dalam Pemilukada dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati.

Apa yang mereka lakukan walaupun kegiatan Pemilukada dilakukan di bulan 11 nantinya. namun proses atau tahapan Pemilukada sudah dimulai. 

Para calon atau yang ingin mencalonkan diri salam Pemilukada sudah melakukan trik-trik jitu agar dikenal oleh masyarakat Kini, platform-platform tersebut diorganisir oleh para calon  untuk mengumpulkan suara, memasang baliho, dan membagikan janji-janji serta kenang-kenangan kepada masyarakat guna memilih calon tertentu.

 Kita tidak bisa mengabaikan fakta bahwa masih banyak calon bupati/wakil bupati, gubernur dan wakil gubernur, di masyarakat kita yang berkampanye dengan cara seperti ini.

Padahal pemberian dalam bentuk sedekah pada umumnya menjadi dasar sumbangan ini.

 Salah satu cara  agar calon anggota parlemen dikenal di masyarakat adalah dengan menyebarkan spanduk, baliho, dan lain-lain di lokasi tertentu, dan hal ini menjadi landasan dalam melakukan interaksi dan kampanye tersebut.

 Sebanyak beberapa spanduk yang dibagikan calon a tampak memasang spanduk dan baliho  di mana-mana, termasuk di jalan raya dan lokasi kerja di kecamatan.

Pemasangan spanduk dan poster di kawasan strategis di seluruh desa dan kelurahan, namun tidak hanya di seluruh atau sebagian kawasan terlarang.

Sebagaimana diketahui bahwa para bakal  calon ayang ada juga harus mematuhi peraturan dan  tata tertib pemilu yang ada serta memasang spanduk dan baliho sesuai dengan surat edaran yang berlaku, yakni penempatannya juga .

 Jumlah spanduk di  zona bebas spanduk.Di antara berbagai spanduk hukum yang ada, selain judul-judul di atas, ada beberapa  yang perlu dikritisi.

 Ini adalah zona bebas untuk pemasangan signage dan adalah sebagai berikut.

 Pemandangan mata dan pemandangan alam yang ada.

 Masih banyak rambu-rambu yang  dipasang pada pohon, yang selain tidak melindungi lingkungan, juga dapat merusak lingkungan dan pohon yang dipaku atau sudah dipasang spanduk.

  Meski banyak baliho, masyarakat belum mengetahui siapa bakal calon anggota yang akan bertarung dalam Pemilukada gubernur dan wakil gubernur dan bupati dan wakil bupati 

  Di antara banyak calon anggota parlemen, tidak ada pemahaman yang nyata dan dapat diandalkan mengenai siapa calon anggota parlemen, pelatihan apa yang mereka miliki, dan apa visi dan misi mereka.

 Tidak ada data yang tersedia, baliho dan spanduk caleg tersebut tidak mencantumkan visi  misi  apa yang harus dilakukan, namun rata-rata ikrar dan spanduk yang disebar hanya berisi ajakan masyarakat untuk memilih atau dipilih.



 Terlepas dari apakah calon dewan atau koordinator desa membersihkan dan membuka kembali rambu-rambu yang terpasang, rambu akan berserakan di jalan setelah pemungutan suara atau pemilu.

 Berbagai permasalahan tersebut penting tidak hanya untuk pemilu mendatang, namun juga pemilu kali ini, agar para calon anggota parlemen dapat saling mendukung dan melaksanakan kegiatan pemilu sekaligus menyikapi permasalahan yang dihadapi masyarakat dengan visi dan misi yang jelas sebuah kontribusi.

 Mendukung kelestarian lingkungan dan lainnya.J angan biarkan calon anggota parlemen yang ada mengangkat isu lingkungan dan sampah.

 Namun, baliho itu sendiri berbahaya bagi lingkungan dan berakhir di tempat sampah atau tempat pembuangan sampah.l, dan tentunya merusak lingkungan 

 Untuk baca cerita lebih lanjut terkait dengan hal tersebut, bisa juga membaca berita dalam link berikut: 

https://www.kompasiana.com/sitiaisyah110385/65b1ea62de948f288378b0e5/baliho-caleg-berserakan-padahal-sudah-ada-zona-pemasangan-spanduk-oleh-pps-desa-kelurahan

KEGIATAN LOKMIN DI UPT PUSKESMAS

 Kegiatan lokumin atau mini workshop lintas sektor merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Bagian Penerapan Teknologi Puskesmas UTP Puskesmas.

 Kegiatan ini dilakukan setiap tiga bulan sekali atau dikenal dengan kegiatan triwulanan.

 ​Kegiatan ini dilakukan secara berkala untuk memastikan pengawasan kesehatan masyarakat di setiap wilayah Puskesmas dan memperkuat perhatian pemerintah.

 Kegiatan ini selalu dilakukan dengan mengundang dinas kesehatan terkait, pemerintah kabupaten, kepala desa wilayah kerja UPT Puskesmas, bidan desa, PKK, pendamping desa, dll. 

 Tujuan lokumin lintas sektoral ini antara lain: Penyajian data kesehatan masyarakat di wilayah UPT Puskesmas Uraian prosedur dan kinerja  UPT Puskesmas selama tiga bulan.

 Menjelaskan sejauh mana fasilitas kesehatan desa terkait disponsori oleh UPT Puskesmas.

 memberikan gambaran atau bentuk sosialisasi  yang dilakukan oleh kepala desa setempat kepada tokoh masyarakat dalam pengenalan inovasi kedokteran yang dilakukan oleh UPT Puskesmas.

 Hal ini menjadi salah satu cara untuk menginformasikan masyarakat tentang kesehatan. Adapun yang dijadikan pembahasan besar dalam pertemuan ini adalah pusat kesehatan masyarakat ini melakukan peninjauan terhadap kegiatan kegiatan di masyarakat, kegiatan dan dukungan pemerintah puskesmas dan dukungan pemerintah desa dalam mengadakan dan menunjang perkembangan kesehatan di masyarakat. Perkembangan fasilitas kesehatan dan sarana prasarana kesehatan lainnya.

Serta Penjelasan mengenai dukungan pemerintah desa terkait penyediaan fasilitas kesehatan di desa.

 Sesuatu seperti di bawah ini.

Ketersediaan sarana cuci tangan, pola hidup sehat di masyarakat, kegiatan aktivitas fisik, posyandu untuk anak kecil dan posyandu lanjut usia, pemeriksaan kesehatan, serta dukungan pelaksanaan kegiatan bebas buang air besar sembarangan (ODF) di desa-desa terkontaminasi tersebut.

 Berdasarkan tinjauan yang ada, bahwa masih adanya Terdapat desa yang  belum terdaftar sebagai desa ODF di beberapa wilayah kecamatan. Namun di daerah puskesmas yang diadakan rapat ini, semua desa yang berada dalam lingkup pengawasannya telah terdaftar dan diketahuinya bahwa masyarakat yaitu ada 

 Selain itu, mendukung atau mendorong desa atau desa STBM menuju sanitasi berbasis masyarakat melalui enam pilar kesehatan, antara lain SPAL: saluran pengolahan limbah yang melibatkan seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan; STBM -UPT Wilayah kerja Puskesmas untuk mendukung desa dan bekerjasama dalam persiapan. Kegiatan Lokmin ini memberikan berbagai manfaat yang tercantum di atas berupa dukungan terkait kesehatan masyarakat dan pelayanan yang baik.

 Kegiatan Lokmin ini bertujuan untuk mengajak setiap desa untuk bersama-sama menjadi desa  terdepan dalam memberikan pelayanan dan pelayanan kesehatan terbaik di desanya masing-masing, serta mencontoh desa-desa yang sukses dengan dukungan fasilitas kesehatan yang memadai panutan.

 Ini bisa digunakan untuk  ajang sharing dan berbagi tips jitu bagi setiap pemerintah desa dalam pengembangan desa menuju desa sehat dan desa maju. 


Senin, 20 Mei 2024

HOBI MENGOTAK ATIK OTAK DENGAN BEBERAPA PEKERJAAN SEKALIGUS

 Halo, pembaca Budiman.

Setiap orang mempunyai hobi dan kebiasaan yang berbeda-beda bukan? Hobi seperti menulis, membaca, traveling, dan berpetualang memiliki berbagai manfaat  dan membuat orang yang memiliki hobi tersebut bahagia.

Gambar: Otak-atik Otak

Meski begitu, beberapa orang mungkin beralih dari hobi  dan kebiasaannya untuk menekuni hobi di sela-sela kesibukan dan rutinitas sehari-hari.

Beberapa orang  suka fokus pada satu hal pada satu waktu. biasanya ini terjadi pada laki-laki yang otaknya memang di desain untuk melakukan kerja secara tepat dan teliti, sehingga mampu untuk memusatkan perhatian sepusat-pusatnya secara mendalam pada suatu pekerjaan. Laki-laki juga biasanya melakukan pekerjaan yang tidak henti-hentinya dilakukan, karena otaknya memang di modifikasi untuk bekerja dan berfikir. Hal inilah yang menyebabkan ketika kita usia sekolah kenapa rata-rata laki-laki tidak terlalu kompeten di kelas, namun ketika sudah memasuki usia matang, rata-rata laki-laki berhasil dalam pencapaian dan bisnis yang diembannya. Ini disebabkan karena ketika anak-anak, laki-laki masih dalam otak yang selalu bermain. berbeda ketika sudah dewasa. 

Nah bagi perempuan otaknya di desain untuk melakukan pekerjaan sekaligus atau dapat melakukan dua atau lebih kegiatan secara bersamaan. Ini bisa kita lihat pada saat seorang pekerja ibu rumah tangga yang juga memiliki kegiatan lain seperti bisnis, dan memiliki karir dalam perusahaan atau lainnya. Kegiatan ini menjadikan dasar dan bagian yang tidak terpisahkan bagi wanita yang berkompeten, dan tidak jarang kita juga sering mendengar kata Alpha women atau Alpha girl. Alpha women ini adalah wanita yang mandiri, tegas berkarir. dan lainnya dan terkesan tidak membutuhkan laki-laki atau orang lain dalam hidupnya. 

Gambar: Si Alpha Women Lembur

Namun suatu hal yang tidak sesuai dengan pemahaman penulis, karena setiap orang bisa menjadi alpha women, namun tidak ada wanita yang ingin abadi menjadi wanita alpha women, Akan ada saatnya kita sangat membutuhkan pertolongan orang lain, sebagaimana  kita dalam kehidupan sosial tentunya membutuhkan orang lain. Bisa menjadi alpha women namun tidak kesemua sisi. ada beberapa bagian kita bisa menjadi alpha women, namun di satu sisi kita adalah wanita yang lemah dan selalu membutuhkan orang lain dalam hidup.

Kita kembali pada tulisan tentang wanita yang multitalenta.

Sebagai seorang wanita yang bisa melakukan berbagai aktivitas secara bersamaan, Namun, beberapa orang mampu melakukan beberapa aktivitas sekaligus. Menurut penulis, pembagian layar menjadi empat bagian juga diterapkan pada karya lain. Selain  itu, aktivitas ini meningkatkan kemampuan Anda untuk merespons ketika aktivitas dan tugas lain muncul.

Membagi layar menjadi empat bagian mempunyai beberapa manfaat: Layar terbuka menjadi empat bagian, membuat pekerjaan Anda lebih praktis. Hiburan dan variasi pekerjaan membantu Anda bekerja dan berkonsentrasi lebih cepat serta meningkatkan konsentrasi Anda. Memungkinkan Anda membaca dan menulis  dari berbagai sumber pada satu layar, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk membuka dan menutup aplikasi untuk melakukan operasi tertentu. Kejar tugas, hobi, dan hiburan pada saat yang bersamaan.

Agar otak Anda tidak merasa stres dan terbebani. Ini merupakan keuntungan bagi diri Anda sendiri, tetapi sebaliknya tidak akan menimbulkan kerugian apapun pada kantor, karena Anda tidak melaksanakan tugas dan kewajiban yang ada.

Dari keempat bagian layar tersebut, sebagian orang mungkin  masih bingung  bagaimana cara menggabungkan keempat bagian tersebut pada layar komputer.

 Jika Anda seorang pelajar atau ibu rumah tangga yang akrab dengan teknologi yang ada, cukup tekan tombol Windows dan tanda panah kiri, kanan, atas dan bawah pada keyboard laptop atau komputer Anda.

 Alasan munculnya layar adalah sebagai berikut: Menulis : Menulis merupakan salah satu hobi penulis, karena  merupakan salah satu penulis Compassiana dan BLOGGER yang membahas berbagai hal dari perspektif manajemen pendidikan islam, mata kuliah teori, perspektif manajemen pendidikan islam. Anda akan merasakan Secara langsung sensasi dalam setiap pekerjaan yang terlaksana dan berbagai aktivitas yang akan menjadi pengalaman penulis  sendiri.

Untuk apa hal seperti ini dilakukan, padahal bukan sekedar  cara  menenangkan diri sebagai karyawan atau saat bekerja? Perempuan, ibu rumah tangga, dari berbagai aktivitas yang ada. Apalagi dalam bekerja, kita senantiasa mengingat  kebesaran Tuhan dan selalu mendekatkan diri kepada-Nya.

 Dilihat dari sudut pandang ini, mungkin karyawan lain juga bisa melakukannya, sehingga bisa menjadi petunjuk dalam mengatur pekerjaan kantor dan kewajiban lainnya.

 


PEMELIHARAAN DARURAT DAN PREVENTIF DALAM SARANA DAN PRASARANA

Dalam pemeliharaan sarana dan prasarana terdiri atas beberapa cara memelihara dan bagian yang harus dipelihara. Dalam tulisan kali ini, kita membahas tentang pemeliharaan sarana dan prasarana terkait jenisnya. Pemeliharaan sarana dan prasarana jenis ini juga dapat dilakukan melalui pemeliharaan darurat dan preventif.


 Berikut penjelasannya: 

  • Pelayanan Kesehatan Gawat Darurat

Pelayanan kesehatan darurat adalah pelayanan kesehatan yang dilakukan secara tiba-tiba dan sewaktu-waktu, yaitu pelayanan kesehatan yang dilakukan secara tidak teratur, bukan setiap hari. Perawatan ini bersifat mendesak dan tidak boleh ditunda atau dilakukan secara rutin.

Ada beberapa bagian pemeliharaan darurat yang perlu dilakukan. Pemeliharaan darurat dilakukan terhadap sarana dan prasarana yang  mengalami kerusakan mendadak akibat bencana alam. Perbaikan bersifat sementara dan harus dilakukan dengan cepat untuk menghindari kerusakan lebih lanjut dan gangguan proses pembelajaran. 

Dilakukan secara mandiri atau dalam istilah ``ditingkatkan gotong royong'' oleh masyarakat sekitar sekolah atau oleh komite sekolah yang terdiri dari masyarakat sekitar yang menjaga orang tua siswa dan lembaga pendidikan. Perbaikan permanen harus segera dilakukan. Perawatan harus segera dilakukan artinya jika tidak segera ditindak lanjuti maka nilai tambah dan nilai manfaat dari sarana dan prasarana tersebut akan musnah dan sudah habis.

  • Pemeliharaan Preventif 

Pemeliharaan preventif hampir sama dengan pemeliharaan rutin, yaitu pemeliharaan yang direncanakan dan dilaksanakan terlebih dahulu dalam jangka waktu tertentu. Perawatan ini juga merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari.

Pemeliharaan preventif ini dilakukan misalnya sebelum infrastruktur yang ada mengalami kerusakan. Tujuannya adalah untuk mencegah atau mengurangi kemungkinan tidak berfungsinya suatu sarana atau prasarana dan menjamin sarana atau prasarana tersebut beroperasi sesuai dengan kemampuannya.

Metode melakukan pemeliharaan preventif meliputi pengamatan, inspeksi, dan pelumasan mesin tertentu atau mesin lainnya. Langkah-langkah pemeliharaan preventif meliputi: 

  1. Kembangkan program pemeliharaan preventif di sekolah atau organisasi Anda. Tindakan pencegahan ini  dapat dilakukan setiap semester, atau dalam jangka waktu tertentu yang sudah disesuaikan dengan hasil rapat dan kesepakatan antara semua stake holder yang ada di lembaga tersebut. Baik lembaga pendidikan, lembaga perusahaan atau organisasi lainnya, bisnis, kuliner dan etc.
  2. Kehadiran tim pemeliharaan preventif. Pentingnya tim atau bidang tertentu dalam suatu organisasi yang memiliki tugas dalam memelihara alat dan bahan serta sarana dan prasana yang  ada dalam organisasi. Sehingga ketika ada suatu hal yang dibutuhkan akan selalu tanggap dalam pengembangan organisasi.
  3. Devolusi yang ada memungkinkan hal ini terjadi karena  tanggung jawab yang ada terbagi. Dengan adanya devolusi terhadap sarana dan prasarana yang ada menjadikan penggunaan alat sebagaimana mestinya dan tahan lama.
  4. Menetapkan jadwal tahunan kegiatan pemeliharaan peralatan dan fasilitas setiap sekolah. Hal ini guna untuk meningkatkan umur pakai dan ketahanan dari sarana dan prasarana yang ada.
  5. Terdapat laporan hasil pemeliharaan preventif yang dilakukan oleh tim pemeliharaan yang berfungsi sebagai evaluasi  pelaksanaan pemeliharaan sekolah. Laporan menjadi suatu hal yang sangat penting dlam berbagai kegiatan. tanpa adaya laporan secara tertulis dan lisan dari suatu pelaksanaan kegiatan, maka suatu kegiatan tidak dapat dikatakan telah terlaksana atau tidak. dalam laporan harus memuat, tentang dokumentasi kegiatan-kegiatan pemeliharaan yang dilakukan, apa yang diperbaiki, siapa yang melakukan perawatan atau pemeliharaan, jadwal pemeliharaan dan tindak lanjut dan hasil output dari pemeliharaan yang telah dilakukan.

Untuk meningkatkan kesadaran tentang pemeliharaan dan pengelolaan peralatan dan prasarana sekolah, penghargaan akan diberikan kepada mereka yang berhasil meningkatkan kinerja peralatan  sekolah.

 


DAMKAR SERTA MASYARAKAT MENYELAMATKAN SAPI YANG TERPELESET DI SUMUR

Petugas Pemadam Kebakaran (DAMKAR) berhasil mengevakuasi seekor sapi milik warga yang terpeleset dan jatuh ke dalam sumur di desa itterung k...