Senin, 20 Mei 2024

PEMELIHARAAN SARANA DAN PRASARANA: SDM, ALAT DAN BAHAN, JENIS DAN SPESIFIKASI BARANG

Secara umum, ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan: jumlah pekerja dan relawan, alat dan bahan, serta jenis dan  spesifikasi barang.



Permasalahan tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut: 

A. Sumber daya manusia/tenaga relawan: 

  • Pentingnya penyediaan sumber daya manusia untuk  perawatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana yang ada.
  • Apabila suatu sekolah tidak memiliki atau merawat tenaga-tenaga tersebut, maka sarana dan prasarana sekolah tidak akan terpelihara dengan baik.
  • Tenaga kerja atau relawan tersebut antara lain:   
  • Guru dan siswa:  Selain menjamin proses pembelajaran, guru dan siswa juga wajib menjamin kebersihan dan ketertiban di sekolah.
  •  Gotong royong/swadaya masyarakat:  Gotong royong dan gotong royong seperti ini biasa terjadi pada lembaga pendidikan yang berada langsung di tengah masyarakat, terutama pada kegiatan perbaikan drainase dan kegiatan lain yang menjadi bagian dari komite madrasah.
  •  Pekerja Sementara dan Musiman : Tidak semua dari  pekerja sementara dan musiman ini dibutuhkan oleh sekolah, namun dibutuhkan pada waktu-waktu tertentu.
  •  Ini termasuk kegiatan seperti pembangunan gedung.
  •  Wali Sekolah atau Wali Sekolah:  Setiap sekolah wajib mempunyai Wali Sekolah atau Wali Sekolah.
  • Penjaga sekolah mempunyai tugas untuk melindungi sekolah dari berbagai hal yang tidak diinginkan, terutama perangkat elektronik.
B. Alat dan Bahan :  

alat dan bahan yang digunakan dalam pemeliharaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah yang ada.
  •  Alat-alat yang digunakan untuk pemeliharaan antara lain cangkul, sapu, sapu ijuk, ember, sekop, selang kain, dan sikat.
C. Jenis Produk dan Spesifikasi  Terdapat berbagai jenis lembaga pendidikan dan infrastruktur.
  •  Setiap jenis barang mempunyai jenis perawatan yang berbeda-beda.

 Apabila berbagai sarana dan prasarana  tidak dipelihara dan dikelola dengan tepat sasaran, maka hal ini tidak hanya berdampak pada tercapainya tujuan pemeliharaan sarana dan prasarana tersebut, namun juga  mempercepat kerusakan sarana dan prasarana tersebut.

Dari berbagai permasalahan yang ada, dilakukan dalam kegiatan pemeliharaan sarana dan prasarana yang ada. Kegiatan ini menjadi dasar dalam pemahaman tentang pentingnya sarana dan prasarana yang ada. 


Tidak ada komentar:

DAMKAR SERTA MASYARAKAT MENYELAMATKAN SAPI YANG TERPELESET DI SUMUR

Petugas Pemadam Kebakaran (DAMKAR) berhasil mengevakuasi seekor sapi milik warga yang terpeleset dan jatuh ke dalam sumur di desa itterung k...