Senin, 29 April 2024

Kurikulum pada Anak Usia Dini

Beberapa Bagian yang perlu dipertimbangkan tentang kewajaran  Kurikulum pada Anak Usia Dini. Apakah kurikulum pendidikan anak usia dini perlu? Anak usia dini merupakan masa kritis dalam kehidupan anak bagi perkembangan fisik, mental, emosional, dan sosialnya.



Perkembangan mental dan fisik mengalami kemajuan yang sangat pesat sejak lahir hingga berusia enam tahun.Para ahli saraf meyakini bahwa pada usia ini pembentukan jaringan sel otak terjadi dengan sangat cepat. Jaringan ini menghubungkan sel neuron  yang diberikan Tuhan sebagai modal dasar  kecerdasan.

Semakin banyak jaringan yang terbentuk antar sel saraf, maka  otak anak akan semakin baik. Jaringan antar sel tercipta sebagai proses belajar anak.

Dalam proses pembelajaran  direncanakan dengan cermat akan memberi Anda pengalaman belajar  berkualitas tinggi. Pengalaman  belajar awal yang positif mendorong perkembangan intelektual, sosial dan emosional anak-anak dan membentuk landasan yang kokoh untuk kesuksesan di sekolah di kemudian hari.

Menurut penelitian terbaru tentang  pembentukan fungsi eksekutif  yang dilakukan oleh Harvard University pada tahun 2011, kecerdasan terbentuk pada anak usia dini melalui jaringan saraf (wiring), namun kemampuan mengatur diri juga mulai terbentuk. Pada usia muda, antara 4 dan 6 tahun.

Merujuk pada pengertian kurikulum  dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003  tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan: “Kurikulum adalah  seperangkat rencana dan kesepakatan mengenai tujuan, isi, bahan pembelajaran, dan metode yang dijadikan pedoman.

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mencapai  tujuan pendidikan tertentu” Artinya, sangat penting agar pengalaman belajar bermakna dan bermutu tinggi untuk anak-anak di tahun-tahun awal direncanakan, dilaksanakan secara cermat dan komprehensif.

Kurikulum PAUD mencakup tujuan,  hasil belajar, proses, dan isi yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak serta pengetahuan, keterampilan yang  diperlukan untuk mengembangkan kesiapan anak untuk belajar pada tingkat penunjang pendidikan  lebih lanjut, dan membangun sikap.

Silabus PAUD memberikan pedoman proses stimulasi yang dilakukan secara cermat dan cermat sesuai karakteristiknya. selanuutnya,  siswa diperiksa dan dievaluasi secara komprehensif menggunakan data  otentik. Proses stimulasi yang tidak  direncanakan gagal mencapai tujuan yang diharapkan. Oleh karena itu,  penting bagi setiap satuan pendidikan anak usia dini untuk merumuskan dan mengembangkan  kurikulum . 

 


Apa pentingnya PAUD dalam pembangunan bangsa?

 Apa pentingnya PAUD dalam pembangunan bangsa?

Pendidikan anak usia dini (selanjutnya disingkat PAUD) adalah suatu intervensi perkembangan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang mendorong pertumbuhan fisik dan mental serta meningkatkan pembangunan yang dilaksanakan dengan memberikan insentif pendidikan  untuk mendukungnya Siap untuk pendidikan lebih lanjut.



 Beberapa  komponen yang dapat dijelaskan dengan menggunakan rumus di atas adalah: 

  1. PAUD mencakup program pengembangan dalam bentuk kegiatan pendidikan.
  2. PAUD menyasar anak usia 0 hingga 6 tahun.
  3. Program PAUD  mengembangkan  potensi setiap anak, meliputi berbagai nilai agama dan moral, kemampuan motorik fisik, serta pengembangan kemampuan kognitif, linguistik, sosial, emosional, dan artistik.
  4. Tujuan program PAUD adalah mempersiapkan anak untuk mengikuti pendidikan menengah.

Kurikulum yang sempurna akan menghasilkan pendidikan yang berkualitas…” Ali Nugraha 2 Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Pendidikan anak usia dini di Indonesia memiliki banyak aspek yang tidak diterapkan di negara lain yang mempunyai ciri khas dibandingkan dengan yang ada di dalam negeri.

 Ada beberapa bagian yang menjai bagian dari PAUD adalah sebagai berikut.

  • Rentang usia target: Di Indonesia, target anak usia dini berkisar antara 0 hingga 6 tahun, dan di beberapa negara mencapai usia 8 tahun.
  • Program anak usia dini di Indonesia mencakup taman kanak-kanak (untuk anak usia 4 hingga 6 tahun), kelompok bermain (prioritas diberikan kepada anak usia 2 hingga 4 tahun), dan  taman kanak-kanak (untuk anak  usia 0 hingga 6 tahun).usia 0-6 tahun), dan  PAUD sejenis unit (anak usia 0-6 tahun).
  • Kurikulum, Taman  Kanak-Kanak masuk dalam jalur pendidikan formal,  sedangkan kelompok bermain, taman anak, dan satuan PAUD sejenisnya masuk dalam jalur pendidikan nonformal. Karena setiap program layanan mempunyai ciri khasnya masing-masing, maka ciri-ciri tersebut menjadikan PAUD  Indonesia unik dalam penyelenggaraannya. Namun  semua  PAUD utilitas memiliki tujuan yang sama.

Hal ini untuk mengembangkan  potensi setiap anak, termasuk nilai-nilai agama dan moral, keterampilan fisik motorik, kognitif, linguistik, sosial, emosional dan artistik, serta  untuk menjamin persiapan lebih lanjut.

Pendidikan untuk dicapai. Pendidikan anak usia dini merupakan landasan yang mempunyai dampak nyata terhadap keberhasilan pada  jenjang pendidikan tinggi. Oleh karena itu, Pendidikan Anak Usia Dini dikembangkan berdasarkan kaidah ilmiah.


Struktur Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini: Kurikulum Merdeka

Struktur Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini (TK/Playgroup/Day Care Center/format lain yang setara) Terdiri atas: 

1. Intrakurikuler

 Di dalam Kurikulum terdapat struktur yang dibutuhkan anak pada tahap hasil belajarnya .Ini dirancang untuk membantu Anda mempelajari keterampilan dasar. Hasil pembelajaran Tahap landasan terdiri dari unsur-unsur sebagai berikut: 

  • Nilai-nilai agama dan kepribadian
  • Identitas
  • dan Dasar-dasar Membaca, Menulis, Matematika, Sains, Teknologi, Teknik, dan Seni

Kegiatan kurikuler ini dilaksanakan melalui permainan bermakna. Proses pembelajaran dilaksanakan sedemikian rupa sehingga memenuhi kebutuhan belajar anak. Artinya, suatu proses pembelajaran yang mencakup dan memungkinkan pengalaman yang menyenangkan dan bermakna. Kegiatan dapat memanfaatkan sumber belajar nyata yang  ada di lingkungan  anak. Sumber belajar yang tidak ada secara fisik dapat disediakan melalui teknologi, buku  anak, atau bentuk dukungan lainnya. 

Kegiatan Intrakurikuler ini menjadi bagian dasar dari kurikulum yang berlaku di kelas, atau bisa dikatakan sebagai kegiatan yang berada dalam kurikulum harian sekolah atau termasuk jadwal pelajaran yang telah ditentukan setiap harinya untuk ditempuh siswa yang sudah terjadwal jam pelajaran, hari beserta rentang waktu pelajaran tersebut diterima dan dijalankan oleh guru dan siswa.

 2. Proyek Peningkatan Profil Siswa Pancasila 

Proyek Peningkatan Profil Siswa Pancasila merupakan inisiatif untuk mewujudkan Profil Siswa Pancasila yang menitikberatkan pada Standar Tingkat Prestasi Perkembangan Anak pada Pendidikan Anak Usia Dini (TK/Permainan).

Kegiatan ini dilakukan guna memperkuat Sekolah  Anak/Bentuk Sederajat Lainnya). Proyek Peningkatan Profil Mahasiswa Pancasila bertujuan untuk memantapkan perwujudan enam aspek Profil Mahasiswa Pancasila pada tahap landasan.

Proyek peningkatan visibilitas pelajar Pancasila dilaksanakan dalam satu atau dua proyek dengan tema berbeda dalam satu tahun ajaran. Penyelenggaraan proyek penguatan profil siswa Pancasila melalui pembagian waktu pembelajaran pada  pendidikan anak usia dini (TK/kelompok bermain/TK/bentuk lain yang sederajat). 

Kurikulum Merdeka ini memberikan pembelajaran tentang kenegaraan dari kecil atau sedari kecil, sehingga kekentalan akan pancasila senantiasa dikembangkan dalam diri Warga Negara Indonesia.

 3. Alokasi Waktu Pembelajaran. 

Pentingnya  Klasifikasi waktu pembelajaran pada PAUD usia 4 sampai dengan 6 tahun (TK/playgroup/nursery/bentuk lain yang sederajat) Minimal 900 (sembilan ratus) menit per minggu.

 Pembagian waktu belajar pada pendidikan anak usia dini (TK, akelompok bermain, taman kanak-kanak dan bentuk lain yang sederajat) pada usia 3 sampai dengan 4 tahun minimal 360 menit per minggu. Dengan alokasi waktu ini memberikan ruang kepada siswa untuk lebih banyak mengeksplor diri dan bermain diusia  pendiidkan TK atau Taman Kanak-kanak atau PAUD ini. 

Kurikulum meredeka memberikan ruang bagi siswa sendiri untuk pengembangan diri dan mengenal dunia luar lebih jauh bagi anak-anak. 

 .


Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka.

Perubahan Kurikulum dari tahun ke tahun dilakukan oleh direktorat pendidikan dan kebudayaan Indonesia. 

Perubahan kurikulum dilakukan agar mampu untuk mengakomodasi berbagai perkembangan sekarang ini, khususnya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Kurikulum merdeka Merdeka merupakan kurikulum yang dioptimalkan konten dengan pembelajaran in-kurikuler yang beragam sehingga memberikan waktu yang cukup bagi siswa untuk mengeksplorasi konsep dan memperkuat keterampilannya.

Guru mempunyai kebebasan untuk memilih berbagai sumber daya pendidikan agar sesuai dengan kebutuhan  dan minat belajar siswanya. Ini sebagai sumber dari dilakukannya suatu perubahan kurikulum sekarang ini.

 Kurikulum mandiri memberikan kebebasan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan siswa dan lingkungan belajar.

Karakteristik Kurikulum Mandiri diantaranya sebagai berikut:

  • Soft Skill dan Pengembangan Kepribadian 
  • Fokus pada Konten Utama 
  • Pembelajaran Fleksibel Proyek 

Peningkatan Kinerja Pancasila Profil siswa dilakukan dalam pengembangan berdasarkan tema-tema spesifik yang diidentifikasi oleh pemerintah Proyek ini tidak terikat pada konten profesional apa pun karena tidak ditujukan untuk mencapai tujuan keberhasilan pembelajaran tertentu.

 Ada Tiga pilihan untuk menerapkan kurikulum Merdeka ini bagi Pembelajaran pembelajaran sendiri diantaranya:

  • Belajar Mandiri
  • Berubah Mandiri
  • Berbagai secara mandiri pula 

berikut beberapa hal yang terkait dengan kurikulum merdeka, diantaranya:

  1. Kurikulum Akademik  untuk Pemulihan Pembelajaran 
  2. Tanya Jawab Kurikulum Merdeka 
  3. Tanya Jawab PMM 
  4. Panduan Penggunaan Alat Kependidikan 
  5. Buku Panduan Kurikulum Mandiri  
  6. Peraturan Satuan Pendidikan Pelaksana Kurikulum Merdeka 
  7. Infografis  Platform Pendidikan  Merdeka 
  8. Infografis : Cara Penggunaan Produk Alat Pendidikan di Platform Pendidikan Merdeka 
  9. Infografis: Roadmap Platform Pendidikan Merdeka  Panduan Platform Pendidikan Merdeka  
  10. Infografis Kurikulum Merdeka dan Platform Pendidikan Merdeka  
  11. Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Perspektif Pemulihan Pembelajaran 

Beberapa hal Tersebut Menjadi bagian penting dari merdeka belajar. 

Rabu, 24 April 2024

Hal yang Unik: Kunjungan Wakil Presiden Termuda dan Wakil Presiden Tertua Indonesia

 

Wakil Presiden Republik Indonesia menerima Wakil Presiden terpilih


Di berbagai media jarang menyorot bapak wakil presiden RI yaitu bapak KH. Ma’ruf Amin dan berbagai kegiatannya. Selama ini kegiatan yang dilakukan oleh bapak presiden RI.

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3827094416710402"

     crossorigin="anonymous"></script>

Kanal Yotube Wakil Presiden RI

Namun, dikala itu, bapak K.H Ma’ruf Amin memiliki kegiatan yang begitu padat juga dalam keberlangsungan dan menerima berbagai tamu kenegaraan serta tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh Bapak Presiden RI. Dalam Kanal Youtube Wakil Presiden Ri, disini diuraikan dan dipublikasikan berbagai kegiatan dan kunjungan dari bapak wakil presiden Ri. Ternyata Kegiatan yang beliau hadiri juga tidak kalah padatnya dengan kegiatan-kegiatan presiden Ri.

Berbagai Kegiatan Wakil Presiden Ri Yang Dipublikasikan

Salah satu agenda yang dilakukan di tanggal 24 bulan April 2024 kemarin adalah menerima kedatangan bapak wakil presiden terpilih 2024 setelah pentapan MK dan penetapan keputusan Komisi pemilihan Umum tentang Presiden dan Wakil presiden terepilih 2024.  Kegiatan yang dimulai sore ini,  tentang kegiatan silahturahmi antara presiden terpilih 2024 yang merupakan presiden termuda sepanjang sejarah Indonesia bertemu dengan Wakil presiden Termuda sepanjang Sejarah Negara Indonesia.

Peretmuan Wakil Presiden RI dengan Wakil Presiden Terpilih 2024

Adapun Tujuan bapak Wakil presiden terpilih 2024 adalah meminta petuah kepada wakil presiden KH. Ma’ruf amin. Ada beberapa point penting yang disampaikan oleh Presiden RI yaitu KH Ma’ruf Amin kepada wakil presiden terpilih selanjutnya yaitu bapak Gibran sebagai berikut:

  • Sinergi anatara presiden dan wakil presiden harus sinergi dalam kerjasama.
  • Pentingnya keberlanjutan dari berbagai program yang telah ada.
  • Pentingnya saling mengisi kekosongan antara berbagai kegiatan presiden dan wakil presiden
  • Pentingnya pemerataan pembangunanan masyarakat Indonesia
  • Serat berbagai tambahan khususnya Catatan dari juru bicara wakil presiden untuk meminta wakil presiden untuk memberikan pandangan dan panduan entang hal-hal yang harus dilakukan oleh seorang wakil presiden.
  • Wakil presiden terpilih 2024 yaitu Bapak Gibran juga mangatakan bahwa untuk sekarang ini bapak gibran masih menjalani kewajiban sebagai wali kota solo, dan berbagai kegiatannya sehingga bapak gibran mengundang bapak wakil presiden K.H. Ma’ruf Amin untuk hadir dalam acara peresmian tempat wisata yang sementara dalam pmbangunan oleh dinas PUPR kabupaten Solo yang selanjutnya akan diresmikan di bulan juni atau juli ke depan.
  • Dan bercerita tentang pengalaman KH.Ma’ruf amin di Solo dan berbagai ceirta pengalaman beliau Ketika jadi imam di Mesjid Solo.
  • Selanjutnya menceritakana tentang keberlanjutan dari upaya pembangunan dalam mendukung dan pembangunan Indonesia Emas di Tahun 2024. karena kondisi internal saat ini sangat bagus.
  • Setelah disahkannya keputusan MK yang menyatakan bahwa Presiden terpilih banyak memberikan dampak terhadap semua sektor sejak keputusan kemarin sore. Sebagaimana meningkatnya nilai rupiah di 16.600/US ini memberikan dampak besar terhadap nilai rupiah di Indonesia.
  • Selanjutnya snenantiasa menyatakan adanya koordinasi dari berbagai sektor.

Kemudian bapak wakil presiden terpilih tahun 2024 izin pamit kepada wakil presiden RI untuk melanjutkan kerja dan kegiatan dan agenda selanjutnya.

Sebelum itu, setelah keluar dari ruangan sekretariat Wakil presiden RI, Bapak Gibran bersama dengan juru bicaa wakil presiden menjumpai pers untuk membicarakan tentang hal-hal yang dibicarakan dalam pertemuan ini.

Kesimpulan dari pertemuan ini, diantaranya kegiaan ini adalah kunjungan pertama yang dilakukan oleh Wakil presiden Terpilih kepada Wakil Presiden RI untuk menjadi agenda dalam menerima silahturahmi dan meminta petuah dari wakil presiden sebelumnya. Dengan kegiatan ini, diharapkan mampunya semua unsur pemerintahan dapat bersinergi dalam membangun Indonesia.  

LIVE STREAMING RAPAT PLENO PENETAPAN PASANGAN CALON PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TERPILIH PEMILU 2024

 

LIVE STREAMING RAPAT PLENO PENETAPAN PASANGAN CALON PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TERPILIH PEMILU 2024

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3827094416710402"

     crossorigin="anonymous"></script>

Setelah diputuskannya hasil sengketa pilpres 2024 dan menyatakan bahwa hasil keputusan KPU terkait pemenang pemilu 2024 adalah sah dan terbukti tiak adanya kecurangan pemilu dan berbagai tuntutan dari pihak paslon 1 dan tiga yang mengajukan sengketa terhadap hasil pilpres 2024 kemarin.  Maka ketua KPU setelah kegiatan tersebut diatas mengagendakan tentang penetapan dan penadatangan berita acara secara live tentang  penetapan presiden dan wakil presiden. Didalam Rapat Pleno KPU ini dengan penandatangan berita acara penetapan Presiden terpilih dimulai jam 10.00 wita sampa jam 13.00 siang.


Kegiatan rapat pleno ini dihadiri oleh:

  • 1.       KPU dan Jajarannya
  • 2.       Bawaslu dan Jajarannya
  • 3.       LPPD
  • 4.       Presiden dan Wakil presiden trpilih.
  • 5.       Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1
  • 6.       Ketua Partai Politik pengusung 01, 02 dan 03.
  • 7.       Berbagai Media dan pers

Kegiatan pertama dalam rapat pleno ini, dibuka secara langsung oleh bapak Ketua KPU, kemudian dilanjutkan dengan upacara pembukaan rapat pleno, dan dilanjutkan dengan penandatangan berkas berita acara penyelesaian kegiatan penetepan prabowo gibran jadi presiden dan wakil presiden. Dalam pembacaab berita acara tersebut, ketua KPU menyampaikan perolehan jumlah suara yang didapatkan oleh pasangan terpilih. Kegiatan hari ini dilakukan karena ada puluhan berita acara yang harus tanda tangani oleh seluruh anggota kPU sebanyak 7 orang. Selanjutnya diadakan pemberian bukti berita acara kepada seluruh ketua partai politik pemilu, dan kemudian dilakukan penyerahan berita acara kepada pasangan calon terpilih.

Adapun agenda selanjutnya, di persilahkan kepada presiden terpilih dan wakil presiden terpilih untuk  memberikan pidato perdana tentang penetapan presiden dan wakil presiden terpilih sebagai berikut. Dalam pidato perdana tersebut, bapak presiden terpilih Prabowo Subianto Dan Gibran mengatakan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas kerjasama dalam pemilihan umum ini, serta ucapan terimakasih kepada sleuruh tim pemenangan dalam kerjasamanya dalam kegiatan pemilu. Selanjutnya kegiatan yang harus termuat didalamnya adalah presiden prabowo subianto mengajak seluruh masyarakat indonesia untuk bersatu kembali memajukan Indonesia dari berbagai sektor, tidak ada lagi kemiskinan dan kesenjangan yang dihadapi oleh rakyat Indonesia.

Senin, 22 April 2024

NONTON LIVE CHAT BIKIN SENAM OTAK DAN MENTAL SIDANG SENGKETA PILPRES

 

NONTON LIVE CHAT BIKIN SENAM OTAK DAN MENTAL SIDANG SENGKETA PILPRES

Nonton live siding sengketa pilpres 2024, di Kompas TV live streaming di berbagai Instagram lainnya. Salah satu akun youtube yang dilihat atau sedang ditonton oleh penulis adalah Kompas TV.

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3827094416710402"

     crossorigin="anonymous"></script>

Adapun jumlah suscriber yaitu 17,2 juta subscriber dan jumlah like dalam tontotan ini ayaitu 10 ribu like. Adapaun jumlah penonton live streaming dalam kompas TV terkait sidang putusan MK ini yaitu 90.692 sedang menonton per waktu 13.18 ini. Adapun streaming dilakukan dan dimulai sejak 5 jam lalu, dan tanpa istirahat.

Live Chat yang Sangat Mengganggu

Namun ada suatu hal yang perlu diperhatikan dan menjadi bual-bualan para netizen atau para penonton, diantaranya. Penulis sendiri, sambil menonton live streaming sambil bekerja di kantor. Masing. Secara umum setiap sidah tidak akan pernah ektinggalan. Namun hal yang selalu mengganggu dalam setiap nonton streaming sengketa pilpres diantaranya Live chat. Walaupun secara umum live chat itu bisadi sembunyikan. 

Namun terkadang penasaran juga dan membuat sensasi terbaur. Ketika ada live chat yang muncul. Namun pada putusan MK ini tentang penonton adalah live chat yang sangat mengganggu bagaimana tidak, live chat yang masuk setiap waktu dan tanpa henti. Adapun yang termasuk dalam live chat berikut hasil analisis yang ada sebagai berikut:

  • Live chat yang masuk rata-rata dari akun samaran atau tidak bisa terdeteksi
  • Akun yang di live chat rata-rata mendukung paslon secara fanatik, sehingga menghasilkan chat-chat yang berupa ujar kebencian dan kata-kata yang tidak senonoh.
  • Beberapa akun live chat selalu mengatakan hal yang sama setiap chat dalam setiap detiknya.
  • Akun yang mengomentari di live chat saling serang komentar dan mengaungkan paslon yang disukainya atau didukungnya
  • Akun di live chat selain menggunakan akun samaran juga menggunakan akun asli namun tidak melihat sopan santun kata yang dituturkan.

Dari live chat saja yang ada dapat di klaim bahwa maraknya kebencian yang dapat disebar di akun media sosial. Dan tidak sembarang bahwa apa yang diucapkan oleh netizen dilive chat memicu pertengkaran dan adu domba serta mengolok-olokkan paslon yang ada. Inilah salah satu etika yang harus dijaga dalam bersosial media dan menungkapkan ilmu dan pandangan kita sebagai bagian yang harus dijaga dan dilakukan. Jangan smapai terdapat akun yang mengancam diri sendiri atau bahkan memicu pelanggaran kode etik dalam bersosial media, serta melanggar penggunaan teknologi yang ada.

Suasana pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi yang semakin mencapai sore hari semakin panas, sebagaimana yang termuat dalam live chat yang ada. Dengan pembacaan konklusi yang ada, adapun salah satu hakim yang memiliki pandangan yang berbeda dari konklusi yang ada, menyatakan bahwa adanya integritas yang menyatakan bahwa adanya keterlibatan   dalam apa yang dijelaskan oleh pemohon. Adapun bacaan Putusan MK yang disampaikan oleh Ketua Mahkamah Konstitusi yang menyatakan bahwa permohonan pemohon ditolak. Adapun berdasarkan 3 hakim konstitusi yang memiliki pendapat yang berbeda, atau Dissenting opinion yang slenajutnya membacakan dissenting opinion tersebut dalam live streaming dan dalam persidangan yang ada.

Ini seni dari menonton live chat sidang sengketa pilpres, yang terkadang membuat diri greget akan ucapan di live,chat. Dan hal yang berhubungan dengan lainnya.

Setelah adanya Putusan MK Tersebut, diharapkan sebaran kebencian dari tiap pendukung paslon tidka terjadi lagi. Dan mari sambil menunggu pelantikan presiden dan wakil presiden saling membaur kembali untuk memajukan Bangsa Indonesia.

 

DAMKAR SERTA MASYARAKAT MENYELAMATKAN SAPI YANG TERPELESET DI SUMUR

Petugas Pemadam Kebakaran (DAMKAR) berhasil mengevakuasi seekor sapi milik warga yang terpeleset dan jatuh ke dalam sumur di desa itterung k...