Dalam Setiap kegiatan yang ada, pasti menimbulan perbedaa, baik konflik internal maupun konflik eksternal. Konflik yang terjadi pun dibahas dalam dua bagian, konflik yang bisa membangun dan konflik yang bisa menurunkan serta mengubah organisasi menjadi tidak baik.
Konflik pada dasarnya adalah perbedaan. perbedaan sikap, perbedaan karakteristik dan perbedaan watak dan mind set. Konflik yang berbeda juga dihadapi oleh setiap orang. Apalagi jika berasal dari organisasi yang berasal dari backgorun yang berbeda, seperti bisnis, jasa, kecantikan, dan lainnya tentu memiliki perbedaan konflik yang dihadapinya.
Setiap konflik yang terjadi, untuk mengurangi dampaknya terhadap organisasi, diusahakan setiap konflik yang akan terjadi untuk selalu dikurangi atau diminimalisir untuk berbagai keggiatan yang ada. Metode Pengurangan Konflik Metode Pengurangan Konflik mengurangi hubungan permusuhan yang disebabkan oleh konflik.
Metode-metode ini mengelola tingkat konflik yang ada dengan cara “mendinginkan konflik”, namun tindakan-tindakan tersebut tidak mengatasi persoalan-persoalan yang pada awalnya menimbulkan konflik.
Ada tiga metode:
- Setiap kelompok menerima informasi yang bermanfaat bagi kelompok lain. Namun informasi tersebut sangat bertentangan dengan kesan negatif yang ditimbulkan konflik, sehingga generasi muda menolaknya.
- Mereka menemukan kontak sosial yang menyenangkan antar kelompok yang berkonflik, misalnya dengan makan bersama atau menonton film bersama. Namun ketegangan meningkat ketika anggota kelompok yang ada melecehkan anggota kelompok lain dan saling mengejek.
- Mereka mendorong pemimpin kelompok untuk bernegosiasi dan memberikan informasi yang "baik" tentang kelompok lain. Semua organisasi mempunyai kewajiban dan fungsi untuk mengurangi berbagai jenis konflik yang timbul dalam organisasi.
- Berbagai teknik konflik yang ada digunakan untuk mengelola atau mencegah terjadinya konflik organisasi. Oleh karena itu, jika timbul konflik yang ada dalam suatu organisasi, maka penyelesaiannya dilakukan dengan cara yang berbeda, yaitu dengan cara menyelesaikan konflik yang ada.
Kami akan membahas topik ini lebih detail di artikel berikutnya. dalam "Lindungi organisasi Anda sebelum konflik" selalu menjadi prinsip panduan kami. Mengingat merupakan salah satu bentuk pencegahan konflik dalam organisasi. Oleh karena itu, kegiatan pengurangan konflik organisasi selalu dilakukan untuk mengurangi konflik dalam organisasi sebelum terjadi. Sebaliknya, ketika konflik muncul dalam suatu organisasi maka diperlukan langkah-langkah untuk menyelesaikan konflik yang ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar