Sabtu, 04 Mei 2024

Proses pengolahan Jagung Bagi Petani

Jagung adalah salah satu bahan pokok yang sering dijumpai di masyarakat kita Indonesia. Sebagai negara tropis, tidak jarang jagung dijadikan sebagai tanaman untuk menunggu waktu musim tanam padi bagi petani. Juga sering dijadikan sebagai tanaman campur dengan tanaman bawang di tanam secara bersamaan untuk menjaga kondisi tanah supaya tetap subur. 

Tanaman jagung menjadi bahan pokok dan sumber makanan pokok, setelah padi. untuk beberapa daerah, khususnya di pegunungan, jagung sudah menjadi bagian penting dalam kebermanfaatan Dan paling banyak dikembangkan di bagian pegunungan. Hal itu terjadi karena kondisi lingkungan yang bagus untuk tumbuhnya jagung karena memiliki tekstur tanah bebatuan dan kontur tanah yang memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh tumbuhnya jagung. 


Satu catatan bagi tanaman jagung tidak bisa hidup dalam kondisi tanah yang basah atau rawa atau dalam kata lain yang memiliki kontur tanah yang basah.

Jagung sebagai tumbuhan tumpang tindih yang sering digunakan petani, memiliki pekerjaan atau membutuhkan jumlah pekerja yang sangat banyak. Mulai dari proses penanaman pembibitan sampai kepada pengolahannya menjadi buah jagung yang siap diolah untuk makanan tambahan bagi manusia maupun sering dijadikan campuran bagi makanan ternak khususnya bagi peternak ayam ras dan ayam potong.

Dengan berbagai kegiatan pertanian jagung ini, sangat banyak memiliki modal yang sangat banyak, mulai dari harga bibit jagung yang sangat banyak, kemudian pupuk untuk jagung, minimal sekali atau dua kali dilakukan pembibitan, proses pengurangan hama bagi tanaman baik di semprot kepada jagung dan proses pembuangan hama tumbuhan liar di sekitar pohon jagung dan lainnya.

 Kemudian pekerjaan yang sangat butuh banyak modal atau upah pekerja yaitu proses panen jagung, mulai dari pengambilan jagung dari pohonnya yang dilakukan secara manual. Sebagaimana kita ketahui bahwa panen jagung di Indonesia masih dengan proses secara manual, tdak sama dengan petani di luar negeri yang menggunakan sistem pertanian modern. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkannya susahnya untuk menerapkan pertanian modern di lingkungan Indonesia, karena luas lahan setiap orang yang berbeda, dan dimiliki pribadi oleh masyarakat, sehingga paling banyak dan paling luas, jika ada satu hektar dalam satu hamparan lahan jagung yang ada. Selanjutnya jagung banyak di tanam di bagian pegunungan, sehingga menjadi tantangan sendiri dilakukan proses panen secara modern, secara manual saja sangat membutuhkan kejelian dan ketelitian karena berada di dekat jurang di setiap sisi, serta jalan yang rimbun.

Proses panen yang membutuhkan pekerja yang banyak, tidak hanya itu proses panen selanjutnya setelah mengambil buah jagung yang kering di pohonnya, kemudian memisahkan kulit jagung dengan daging buah. Proses ini juga perlu hati-hati dan dilakukan satu persatu lagi. 

Dalam proses ini juga perlu ketelitian, karena kulit jagung yang agak kasar, menggunakan pisau atau alat kemudian proses pengangkutan dari lahan sawah ke tempat penampungan atau biasanya kerumah masyarakat yang membutuhkan jasa ojek gabah, yang biayanya diperkirakan sekitar 25.000 satu karung untuk satu kali angkutan umum. Jika ada 10 karung maka biayanya 250.000.

Tidak hanya sampai disitu, untuk jagung yang masih dengan pipilan, ada petani yang langsung menjualnya ke tengkulak, Jagung adalah salah satu bahan pokok yang sering dijumpai di masyarakat kita Indonesia. Sebagai negara tropis, tidak jarang jagung dijadikan sebagai tanaman untuk menunggu waktu musim tanam padi bagi petani. Juga sering dijadikan sebagai tanaman campur dengan tanaman bawang di tanam secara bersamaan untuk menjaga kondisi tanah supaya tetap subur. 



Rabu, 01 Mei 2024

Prinsip pengembangan struktur kurikulum merdeka

 Struktur kurikulum  Kurikulum Merdeka bertumpu pada tiga hal, yaitu berbasis kompetensi, pembelajaran  fleksibel, dan berkarakter Pancasila.



 Berikut  beberapa prinsip pengembangan struktur kurikulum merdeka. 

  • Struktur Minimal 
        Struktur minimal kurikulum  ditetapkan oleh pemerintah pusat. Namun, Departemen Pendidikan dapat mengembangkan program dan kegiatan tambahan tergantung pada visi, misi, dan sumber daya yang tersedia. Dalam struktur kurikulum merdeka belajar PAUD diantaranya te,ah dibahas dalam tulisan sebelumnya yaitu tentang kegiatan pembelajaran intrakurikuler, penguatan profil pelajar pancasila dan pengaturan akan alokasi waktu pembelajaran siswa.

  • Otonomi Kurikulum 

        Otonomi Kurikulum memberikan kebebasan pada satuan pendidikan dan guru untuk merancang proses dan materi pembelajaran yang relevan dan kontekstual. Kurikulum berubah sesuai dengan realitas dan keadaan setempat, sehingga lebih bermakna. Persiapannya ditujukan untuk menanggapi kebutuhan, kebutuhan dan perkembangan lokal. Pengembangan kurikulum melalui satuan pengajaran melibatkan desain kurikulum yang beragam, namun lebih mudah dipahami, dipelajari, dan diterapkan oleh guru. Mereka mengembangkannya sendiri, jadi setidaknya mereka  ikut terlibat dalam pengembangan tersebut. Guru diperbolehkan kemandirian dalam kemampuan akademik dan otonomi.

        Kurikulum dikembangkan sesuai dengan kebutuhan, kondisi, karakteristik dan perkembangan satuan pendidikan dan masyarakat. Sehingga sektor pendidikan secara langsung maupun tidak langsung dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan masyarakat. Selain itu, penerapannya juga  mudah  karena guru sendiri yang merancang kurikulumnya dengan mempertimbangkan unsur-unsur pendukung implementasi di sekolah dan masyarakat sekitar. 

        Memperkenalkan manajemen kurikulum yang otonom dan terdesentralisasi sebenarnya memerlukan penguatan peran guru, pimpinan sekolah, dan pemangku kepentingan. Sebab sebelumnya mereka hanya sekedar pelaksana, namun kini menjadi  pengembang dan pelaksana kurikulum.

  • Sederhana

        Sederhana Perubahan  kurikulum sebelumnya minimal namun tetap signifikan. Tujuan, arah perubahan, dan desain dinyatakan secara jelas sehingga mudah dipahami sekolah dan pemangku kepentingan. Sederhana artinya tidak terlihat mewah, tidak berlebihan, tetapi juga rendah hati. Namun, kesederhanaan tidak sama untuk setiap orang, karena setiap situasi berbeda. Tentu saja mereka adalah anak-anak yang hidup sederhana. olehnya itu, kurikulum disesuaikan dengan kebutuhan dadan keinginan dari anak siswa.

  • Gotong Royong

         Gotong Royong Pengembangan kurikulum dan bahan ajar merupakan hasil kerja sama puluhan lembaga, antara lain Kementerian Agama, perguruan tinggi, sekolah, dan lembaga pendidikan lainnya. Gotong Royong tetap menjadi salah satu ciri  yang  melekat dalam kehidupan masyarakat Indonesia.             Secara umum gotong royong dalam Pancasila termasuk dalam sila ketiga persatuan Indonesia. Gotong royong sudah mengakar dalam diri kita, sudah menjadi karakter suatu bangsa, dan sudah menjadi budaya yang mendarah daging  dalam kehidupan masyarakat. Apalagi hampir seluruh daerah di Indonesia menekankan gotong royong sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat. 

Kurikulum Yang baik dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman, kebutuhan lingkungan serta perkembangan anak yaitu kurikulum merdeka belajar, memberikan kebebasan kepada anak untuk belajar. 


Senin, 29 April 2024

Kurikulum pada Anak Usia Dini

Beberapa Bagian yang perlu dipertimbangkan tentang kewajaran  Kurikulum pada Anak Usia Dini. Apakah kurikulum pendidikan anak usia dini perlu? Anak usia dini merupakan masa kritis dalam kehidupan anak bagi perkembangan fisik, mental, emosional, dan sosialnya.



Perkembangan mental dan fisik mengalami kemajuan yang sangat pesat sejak lahir hingga berusia enam tahun.Para ahli saraf meyakini bahwa pada usia ini pembentukan jaringan sel otak terjadi dengan sangat cepat. Jaringan ini menghubungkan sel neuron  yang diberikan Tuhan sebagai modal dasar  kecerdasan.

Semakin banyak jaringan yang terbentuk antar sel saraf, maka  otak anak akan semakin baik. Jaringan antar sel tercipta sebagai proses belajar anak.

Dalam proses pembelajaran  direncanakan dengan cermat akan memberi Anda pengalaman belajar  berkualitas tinggi. Pengalaman  belajar awal yang positif mendorong perkembangan intelektual, sosial dan emosional anak-anak dan membentuk landasan yang kokoh untuk kesuksesan di sekolah di kemudian hari.

Menurut penelitian terbaru tentang  pembentukan fungsi eksekutif  yang dilakukan oleh Harvard University pada tahun 2011, kecerdasan terbentuk pada anak usia dini melalui jaringan saraf (wiring), namun kemampuan mengatur diri juga mulai terbentuk. Pada usia muda, antara 4 dan 6 tahun.

Merujuk pada pengertian kurikulum  dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003  tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan: “Kurikulum adalah  seperangkat rencana dan kesepakatan mengenai tujuan, isi, bahan pembelajaran, dan metode yang dijadikan pedoman.

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mencapai  tujuan pendidikan tertentu” Artinya, sangat penting agar pengalaman belajar bermakna dan bermutu tinggi untuk anak-anak di tahun-tahun awal direncanakan, dilaksanakan secara cermat dan komprehensif.

Kurikulum PAUD mencakup tujuan,  hasil belajar, proses, dan isi yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak serta pengetahuan, keterampilan yang  diperlukan untuk mengembangkan kesiapan anak untuk belajar pada tingkat penunjang pendidikan  lebih lanjut, dan membangun sikap.

Silabus PAUD memberikan pedoman proses stimulasi yang dilakukan secara cermat dan cermat sesuai karakteristiknya. selanuutnya,  siswa diperiksa dan dievaluasi secara komprehensif menggunakan data  otentik. Proses stimulasi yang tidak  direncanakan gagal mencapai tujuan yang diharapkan. Oleh karena itu,  penting bagi setiap satuan pendidikan anak usia dini untuk merumuskan dan mengembangkan  kurikulum . 

 


Apa pentingnya PAUD dalam pembangunan bangsa?

 Apa pentingnya PAUD dalam pembangunan bangsa?

Pendidikan anak usia dini (selanjutnya disingkat PAUD) adalah suatu intervensi perkembangan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang mendorong pertumbuhan fisik dan mental serta meningkatkan pembangunan yang dilaksanakan dengan memberikan insentif pendidikan  untuk mendukungnya Siap untuk pendidikan lebih lanjut.



 Beberapa  komponen yang dapat dijelaskan dengan menggunakan rumus di atas adalah: 

  1. PAUD mencakup program pengembangan dalam bentuk kegiatan pendidikan.
  2. PAUD menyasar anak usia 0 hingga 6 tahun.
  3. Program PAUD  mengembangkan  potensi setiap anak, meliputi berbagai nilai agama dan moral, kemampuan motorik fisik, serta pengembangan kemampuan kognitif, linguistik, sosial, emosional, dan artistik.
  4. Tujuan program PAUD adalah mempersiapkan anak untuk mengikuti pendidikan menengah.

Kurikulum yang sempurna akan menghasilkan pendidikan yang berkualitas…” Ali Nugraha 2 Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Pendidikan anak usia dini di Indonesia memiliki banyak aspek yang tidak diterapkan di negara lain yang mempunyai ciri khas dibandingkan dengan yang ada di dalam negeri.

 Ada beberapa bagian yang menjai bagian dari PAUD adalah sebagai berikut.

  • Rentang usia target: Di Indonesia, target anak usia dini berkisar antara 0 hingga 6 tahun, dan di beberapa negara mencapai usia 8 tahun.
  • Program anak usia dini di Indonesia mencakup taman kanak-kanak (untuk anak usia 4 hingga 6 tahun), kelompok bermain (prioritas diberikan kepada anak usia 2 hingga 4 tahun), dan  taman kanak-kanak (untuk anak  usia 0 hingga 6 tahun).usia 0-6 tahun), dan  PAUD sejenis unit (anak usia 0-6 tahun).
  • Kurikulum, Taman  Kanak-Kanak masuk dalam jalur pendidikan formal,  sedangkan kelompok bermain, taman anak, dan satuan PAUD sejenisnya masuk dalam jalur pendidikan nonformal. Karena setiap program layanan mempunyai ciri khasnya masing-masing, maka ciri-ciri tersebut menjadikan PAUD  Indonesia unik dalam penyelenggaraannya. Namun  semua  PAUD utilitas memiliki tujuan yang sama.

Hal ini untuk mengembangkan  potensi setiap anak, termasuk nilai-nilai agama dan moral, keterampilan fisik motorik, kognitif, linguistik, sosial, emosional dan artistik, serta  untuk menjamin persiapan lebih lanjut.

Pendidikan untuk dicapai. Pendidikan anak usia dini merupakan landasan yang mempunyai dampak nyata terhadap keberhasilan pada  jenjang pendidikan tinggi. Oleh karena itu, Pendidikan Anak Usia Dini dikembangkan berdasarkan kaidah ilmiah.


Struktur Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini: Kurikulum Merdeka

Struktur Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini (TK/Playgroup/Day Care Center/format lain yang setara) Terdiri atas: 

1. Intrakurikuler

 Di dalam Kurikulum terdapat struktur yang dibutuhkan anak pada tahap hasil belajarnya .Ini dirancang untuk membantu Anda mempelajari keterampilan dasar. Hasil pembelajaran Tahap landasan terdiri dari unsur-unsur sebagai berikut: 

  • Nilai-nilai agama dan kepribadian
  • Identitas
  • dan Dasar-dasar Membaca, Menulis, Matematika, Sains, Teknologi, Teknik, dan Seni

Kegiatan kurikuler ini dilaksanakan melalui permainan bermakna. Proses pembelajaran dilaksanakan sedemikian rupa sehingga memenuhi kebutuhan belajar anak. Artinya, suatu proses pembelajaran yang mencakup dan memungkinkan pengalaman yang menyenangkan dan bermakna. Kegiatan dapat memanfaatkan sumber belajar nyata yang  ada di lingkungan  anak. Sumber belajar yang tidak ada secara fisik dapat disediakan melalui teknologi, buku  anak, atau bentuk dukungan lainnya. 

Kegiatan Intrakurikuler ini menjadi bagian dasar dari kurikulum yang berlaku di kelas, atau bisa dikatakan sebagai kegiatan yang berada dalam kurikulum harian sekolah atau termasuk jadwal pelajaran yang telah ditentukan setiap harinya untuk ditempuh siswa yang sudah terjadwal jam pelajaran, hari beserta rentang waktu pelajaran tersebut diterima dan dijalankan oleh guru dan siswa.

 2. Proyek Peningkatan Profil Siswa Pancasila 

Proyek Peningkatan Profil Siswa Pancasila merupakan inisiatif untuk mewujudkan Profil Siswa Pancasila yang menitikberatkan pada Standar Tingkat Prestasi Perkembangan Anak pada Pendidikan Anak Usia Dini (TK/Permainan).

Kegiatan ini dilakukan guna memperkuat Sekolah  Anak/Bentuk Sederajat Lainnya). Proyek Peningkatan Profil Mahasiswa Pancasila bertujuan untuk memantapkan perwujudan enam aspek Profil Mahasiswa Pancasila pada tahap landasan.

Proyek peningkatan visibilitas pelajar Pancasila dilaksanakan dalam satu atau dua proyek dengan tema berbeda dalam satu tahun ajaran. Penyelenggaraan proyek penguatan profil siswa Pancasila melalui pembagian waktu pembelajaran pada  pendidikan anak usia dini (TK/kelompok bermain/TK/bentuk lain yang sederajat). 

Kurikulum Merdeka ini memberikan pembelajaran tentang kenegaraan dari kecil atau sedari kecil, sehingga kekentalan akan pancasila senantiasa dikembangkan dalam diri Warga Negara Indonesia.

 3. Alokasi Waktu Pembelajaran. 

Pentingnya  Klasifikasi waktu pembelajaran pada PAUD usia 4 sampai dengan 6 tahun (TK/playgroup/nursery/bentuk lain yang sederajat) Minimal 900 (sembilan ratus) menit per minggu.

 Pembagian waktu belajar pada pendidikan anak usia dini (TK, akelompok bermain, taman kanak-kanak dan bentuk lain yang sederajat) pada usia 3 sampai dengan 4 tahun minimal 360 menit per minggu. Dengan alokasi waktu ini memberikan ruang kepada siswa untuk lebih banyak mengeksplor diri dan bermain diusia  pendiidkan TK atau Taman Kanak-kanak atau PAUD ini. 

Kurikulum meredeka memberikan ruang bagi siswa sendiri untuk pengembangan diri dan mengenal dunia luar lebih jauh bagi anak-anak. 

 .


Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka.

Perubahan Kurikulum dari tahun ke tahun dilakukan oleh direktorat pendidikan dan kebudayaan Indonesia. 

Perubahan kurikulum dilakukan agar mampu untuk mengakomodasi berbagai perkembangan sekarang ini, khususnya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Kurikulum merdeka Merdeka merupakan kurikulum yang dioptimalkan konten dengan pembelajaran in-kurikuler yang beragam sehingga memberikan waktu yang cukup bagi siswa untuk mengeksplorasi konsep dan memperkuat keterampilannya.

Guru mempunyai kebebasan untuk memilih berbagai sumber daya pendidikan agar sesuai dengan kebutuhan  dan minat belajar siswanya. Ini sebagai sumber dari dilakukannya suatu perubahan kurikulum sekarang ini.

 Kurikulum mandiri memberikan kebebasan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan siswa dan lingkungan belajar.

Karakteristik Kurikulum Mandiri diantaranya sebagai berikut:

  • Soft Skill dan Pengembangan Kepribadian 
  • Fokus pada Konten Utama 
  • Pembelajaran Fleksibel Proyek 

Peningkatan Kinerja Pancasila Profil siswa dilakukan dalam pengembangan berdasarkan tema-tema spesifik yang diidentifikasi oleh pemerintah Proyek ini tidak terikat pada konten profesional apa pun karena tidak ditujukan untuk mencapai tujuan keberhasilan pembelajaran tertentu.

 Ada Tiga pilihan untuk menerapkan kurikulum Merdeka ini bagi Pembelajaran pembelajaran sendiri diantaranya:

  • Belajar Mandiri
  • Berubah Mandiri
  • Berbagai secara mandiri pula 

berikut beberapa hal yang terkait dengan kurikulum merdeka, diantaranya:

  1. Kurikulum Akademik  untuk Pemulihan Pembelajaran 
  2. Tanya Jawab Kurikulum Merdeka 
  3. Tanya Jawab PMM 
  4. Panduan Penggunaan Alat Kependidikan 
  5. Buku Panduan Kurikulum Mandiri  
  6. Peraturan Satuan Pendidikan Pelaksana Kurikulum Merdeka 
  7. Infografis  Platform Pendidikan  Merdeka 
  8. Infografis : Cara Penggunaan Produk Alat Pendidikan di Platform Pendidikan Merdeka 
  9. Infografis: Roadmap Platform Pendidikan Merdeka  Panduan Platform Pendidikan Merdeka  
  10. Infografis Kurikulum Merdeka dan Platform Pendidikan Merdeka  
  11. Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Perspektif Pemulihan Pembelajaran 

Beberapa hal Tersebut Menjadi bagian penting dari merdeka belajar. 

Rabu, 24 April 2024

Hal yang Unik: Kunjungan Wakil Presiden Termuda dan Wakil Presiden Tertua Indonesia

 

Wakil Presiden Republik Indonesia menerima Wakil Presiden terpilih


Di berbagai media jarang menyorot bapak wakil presiden RI yaitu bapak KH. Ma’ruf Amin dan berbagai kegiatannya. Selama ini kegiatan yang dilakukan oleh bapak presiden RI.

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3827094416710402"

     crossorigin="anonymous"></script>

Kanal Yotube Wakil Presiden RI

Namun, dikala itu, bapak K.H Ma’ruf Amin memiliki kegiatan yang begitu padat juga dalam keberlangsungan dan menerima berbagai tamu kenegaraan serta tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh Bapak Presiden RI. Dalam Kanal Youtube Wakil Presiden Ri, disini diuraikan dan dipublikasikan berbagai kegiatan dan kunjungan dari bapak wakil presiden Ri. Ternyata Kegiatan yang beliau hadiri juga tidak kalah padatnya dengan kegiatan-kegiatan presiden Ri.

Berbagai Kegiatan Wakil Presiden Ri Yang Dipublikasikan

Salah satu agenda yang dilakukan di tanggal 24 bulan April 2024 kemarin adalah menerima kedatangan bapak wakil presiden terpilih 2024 setelah pentapan MK dan penetapan keputusan Komisi pemilihan Umum tentang Presiden dan Wakil presiden terepilih 2024.  Kegiatan yang dimulai sore ini,  tentang kegiatan silahturahmi antara presiden terpilih 2024 yang merupakan presiden termuda sepanjang sejarah Indonesia bertemu dengan Wakil presiden Termuda sepanjang Sejarah Negara Indonesia.

Peretmuan Wakil Presiden RI dengan Wakil Presiden Terpilih 2024

Adapun Tujuan bapak Wakil presiden terpilih 2024 adalah meminta petuah kepada wakil presiden KH. Ma’ruf amin. Ada beberapa point penting yang disampaikan oleh Presiden RI yaitu KH Ma’ruf Amin kepada wakil presiden terpilih selanjutnya yaitu bapak Gibran sebagai berikut:

  • Sinergi anatara presiden dan wakil presiden harus sinergi dalam kerjasama.
  • Pentingnya keberlanjutan dari berbagai program yang telah ada.
  • Pentingnya saling mengisi kekosongan antara berbagai kegiatan presiden dan wakil presiden
  • Pentingnya pemerataan pembangunanan masyarakat Indonesia
  • Serat berbagai tambahan khususnya Catatan dari juru bicara wakil presiden untuk meminta wakil presiden untuk memberikan pandangan dan panduan entang hal-hal yang harus dilakukan oleh seorang wakil presiden.
  • Wakil presiden terpilih 2024 yaitu Bapak Gibran juga mangatakan bahwa untuk sekarang ini bapak gibran masih menjalani kewajiban sebagai wali kota solo, dan berbagai kegiatannya sehingga bapak gibran mengundang bapak wakil presiden K.H. Ma’ruf Amin untuk hadir dalam acara peresmian tempat wisata yang sementara dalam pmbangunan oleh dinas PUPR kabupaten Solo yang selanjutnya akan diresmikan di bulan juni atau juli ke depan.
  • Dan bercerita tentang pengalaman KH.Ma’ruf amin di Solo dan berbagai ceirta pengalaman beliau Ketika jadi imam di Mesjid Solo.
  • Selanjutnya menceritakana tentang keberlanjutan dari upaya pembangunan dalam mendukung dan pembangunan Indonesia Emas di Tahun 2024. karena kondisi internal saat ini sangat bagus.
  • Setelah disahkannya keputusan MK yang menyatakan bahwa Presiden terpilih banyak memberikan dampak terhadap semua sektor sejak keputusan kemarin sore. Sebagaimana meningkatnya nilai rupiah di 16.600/US ini memberikan dampak besar terhadap nilai rupiah di Indonesia.
  • Selanjutnya snenantiasa menyatakan adanya koordinasi dari berbagai sektor.

Kemudian bapak wakil presiden terpilih tahun 2024 izin pamit kepada wakil presiden RI untuk melanjutkan kerja dan kegiatan dan agenda selanjutnya.

Sebelum itu, setelah keluar dari ruangan sekretariat Wakil presiden RI, Bapak Gibran bersama dengan juru bicaa wakil presiden menjumpai pers untuk membicarakan tentang hal-hal yang dibicarakan dalam pertemuan ini.

Kesimpulan dari pertemuan ini, diantaranya kegiaan ini adalah kunjungan pertama yang dilakukan oleh Wakil presiden Terpilih kepada Wakil Presiden RI untuk menjadi agenda dalam menerima silahturahmi dan meminta petuah dari wakil presiden sebelumnya. Dengan kegiatan ini, diharapkan mampunya semua unsur pemerintahan dapat bersinergi dalam membangun Indonesia.  

DAMKAR SERTA MASYARAKAT MENYELAMATKAN SAPI YANG TERPELESET DI SUMUR

Petugas Pemadam Kebakaran (DAMKAR) berhasil mengevakuasi seekor sapi milik warga yang terpeleset dan jatuh ke dalam sumur di desa itterung k...