Selasa, 07 Mei 2024

Pemutakhiran Data Kependudukan yang harus selalu di UPDATE

 Halo para penjelajah data yang  sibuk memasukkan, mengunggah, dan memperbarui data.

 Kegiatan pemutakhiran data yang ada akan dilakukan secara komprehensif, antara lain pemutakhiran data kota, data perdesaan dan khususnya data kependudukan. Pemutakhiran data harus selalu dilakukan oleh aparatur pemerintah, baik pemerintah desa maupun pemerintah lainnya, khususnya data kependudukan. 

Data kependudukan merupakan data yang berubah setiap saat. Data kependudukan berdasarkan migrasi atau perpindahan dari komunitas yang ada, kelahiran, kematian dan sebagainya.

 Transfer ini mengintegrasikan transfer data kependudukan yang ada ke dalam proses administrasi yang ada. Perpindahan penduduk yang ada harus selalu dicatat dan diperbarui pada saat terjadinya. Baik untuk data profil desa, data kependudukan ibu kota, data kependudukan perkantoran, maupun data kependudukan SDDK untuk perencanaan kependudukan secara manual, SIPBM merupakan sistem kependudukan dalam format online Layanan Informasi Telekomunikasi Kabupaten dan data SDGS yang merupakan aplikasi Kementerian.

Nah, ada beberapa kendala yang dihadapi masyarakat khususnya para operator, reviewer dan pengelola SDG itu sendiri. Jaringan SDG dan aplikasi atau server online ini sebenarnya sangat bermasalah dan layanan SDG ini masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Karena aplikasi ini digunakan atau difokuskan oleh Kementerian Dalam Negeri untuk perencanaan pembangunan nasional, maka diperlukan sumber daya yang besar untuk mengoptimalkan aplikasi ini.

Data SDGS tingkat desa seharusnya selesai pada bulan Desember tahun lalu, namun hingga saat ini pemutakhiran data kependudukan tahun 2024 belum selesai dan akan diunggah kembali pada tahun 2025. Sehingga diharuskan akan ada updating data setiap tahunnya tentang kependudukan.

 Hal ini menjadi tantangan besar bagi para pengumpul data yang selalu standby di depan laptop atau Android dan selalu memiliki akses terhadap aplikasi SDGS untuk update. Segala bentuk pekerjaan, apapun sifatnya, memerlukan kesabaran, kemanfaatan, ketekunan, dan selalu dibarengi dengan ketekunan dan keteguhan hati untuk melaksanakan kegiatan yang dilakukan secara maksimal.

Selalu ada kesalahan saat memperbarui data SDGS, dan dalam beberapa kasus, data tersebut mungkin terisi dan kemudian gagal lagi saat disimpan atau dikembalikan ke halaman beranda, sehingga pengumpul data harus memulai ulang proses pengunggahan.

Tepatnya, hari ini pihak perangkat desa (dalam hal ini penulis sendiri) mengupdate data pribadi lingkungan. Ini adalah kompetensi dan tanggung jawab administrator,  Besok kita akan melihat data keluarga yang tersedia. Dan setiap harinya dijadikan selalu updating data kependudukan warga. Karena mengingat setiap kementerian memiliki pendataan yang ada, dan setiap data yang ada itu, memiliki karakteristik yang berbeda, yang dijadikan acuan dalam pengajuan perencanaan dan pembangunan desa dan masyarakat yang ada.


 



BPJS Kesehatan dalam Bentuk Kartu JKN

BPJS atau Badan Pengelola Jaminan Sosial adalah salah satu badan yang diberikan kewenangan dari pemeirntah untuk mengelola jaminan sosial masyarakat. Ada dua jenis BPJS yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. BPJS adalah badan pengelola jaminannya, sedangkan untuk kartu kepemilikan yang dimiliki masyarakat adalam JKN, atau kepanjangan dari Jaminan Kesehatan. 

Kata BPJS bagi masyarakat digunakan untuk menunjukkah kartu BPJS itu, BPJS yang ada hanya pada BPJS Kesehatan saja. Sehingga jika kita menyebut kata bPJS maka identik dengan Jaminan Kesehatan masyaraka. Berikut diuraikan tentang pengtinya BPJS Kesehatan atau Jaminan Kesehatan bagi masyarakat, diantaranya:

Kegiatan pertama harus dimasukkan dalam rencana kegiatan. Penting untuk mendaftarkan bayi baru lahir Anda di kantor BPJS setempat. Pendaftaran BPJS bayi baru lahir dapat dilakukan secara simultan dan cepat.  Bayi baru lahir biasanya memiliki Kartu Peserta BPJS dengan daftar seperti contoh di atas. Dalam hal pengayaan dan pengumpulan data bayi baru lahir, kami kini terus diawasi oleh otoritas  kesehatan yang ada.


Bagi anak-anak dan individu, kehadiran BPJS  sangat bermanfaat bagi kegiatan dan pemenuhan kebutuhan kesehatan manusia. BPJS yang ada dapat digunakan untuk menjamin pengobatan dan kesehatan anak-anak di bawah usia lima tahun lainnya. Persyaratan pendaftaran bayi dibawah umur 5 tahun adalah: Surat BPJS sementara yang dikeluarkan oleh puskesmas atau rumah sakit terdekat tempat  ibu melahirkan.

 BPJS bagi anak bayi saat ini hanya berlaku 3 bulan sejak diterbitkan. Oleh karena itu, perlu diperhatikan bahwa seluruh pengurusan dan pendaftaran anak kecil dilakukan oleh orang tua. Apabila jangka waktunya melebihi 3 bulan  maka BPJS sementara yang sudah ada menjadi tidak berlaku atau dinonaktifkan. Dan itu tidak dapat digunakan kembali.

Seorang anak akan menerima BPJS sementara jika orang tuanya mendaftarkan diri ke BPJS sejak  hamil dan melaporkan kehamilannya ke bidan di  puskesmas setempat. Pencantuman bayi baru lahir pada kartu keluarga atau akta kelahiran. Dengan mengolah dan melengkapi data administrasi neonatal dan menyesuaikannya dengan anak yang ada.

 Bawalah fotokopi Kartu Keluarga, KTP, dan BPJS Sementara untuk mendaftarkan bayi baru lahir Anda dan laporkan ke BPJS terdekat. Mendaftarkan bayi baru lahir Anda pada aplikasi BPJS yang  sudah ada akan mengaktifkan BPJS untuk bayi Anda dan memungkinkan Anda menggunakan fungsi BPJS ini di mana pun Anda berada. Kebijakan kantor BPJS sendiri menyatakan bahwa  kartu BPJS saat ini tidak dicetak.

Oleh karena itu, hanya KTP termasuk nomor NIK bayi saja yang boleh ditunjukkan pada saat berobat atau berkunjung ke Posyandu, Puskesmas, Rumah Sakit, Klinik, dan Fasilitas Kesehatan lainnya. Demikian penjelasan mengenai pentingnya BPJS bagi bayi baru lahir. Jika sudah siap dan lengkap, administrasi publik yang ada dapat menyediakan dan memanfaatkan berbagai fungsi yang ada.

 Diri yang sehat akan menciptakan sumber daya manusia yang mampu bertahan dalam ujian waktu khususnya kesehatan yang harus senantiasa dijaga agar senantiasa sehat dan bugar dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.



PT POS tetap eksis dan Hadir bagi Masyarakat

PT POS merupakan BUMN yang sudah lama keberadaannya. Keberadaan POS berada di semua sektor pengiriman dan jasa penyaluran bantuan, baik PKH, BPNT, Bantuan Sosial dan berbagai bantuan yang berasal dari Direktorat jenderal pendidikan. 

PT POS telah menjadi mitra bagi pemerintah dalam penyaluran yang dilakukan secara langsung kepada masyarakat. Hal ini sebagai langkah yang optimal dalam penanganan berbagai kemungkinan yang dapat diakibatkan dalam pelaksanaan kegiatan yang terkontaminasi dalam kegiatan penyaluran yang tidak tepat sasaran dan tidak sesuai dengan  semestinya. Penerimaan subsidi negara bagi satuan kerja direktorat ketenagalistrikan daerah pada  pengadaan tahun anggaran 2023 Berdasarkan dukungan tersebut, prioritas penggunaan sumber daya anggaran pusat mengacu pada dukungan peralatan memasak kota.

bantuan kali ini, Berupa penanak nasi elektrik, dengan syarat Anda terdaftar sebagai penduduk lokal atau  WNI  dengan status memegang KTP dan KK. Dilengkapi dengan sumber penerangan berupa listrik PLN dengan kapasitas listrik 900 kWh. Pendaftaran kegiatan ini dibagikan kepada warga Desa dan total yang mendaftar berjumlah tiga orang. Kwitansi ini akan diserahkan langsung  ke kantor desa setempat oleh PT POS di wilayah kabupaten/kota sesuai dengan daftar penerima  yang ada di wilayah tersebut.

 Melalui bantuan ini, masyarakat didukung melalui pengadaan yang dilakukan oleh pemerintah,  dengan syarat barang yang didistribusikan tidak dapat diperdagangkan dan dapat dijadikan sebagai dasar pengayaan dan penggunaan untuk memperlancar aktivitas sehari-hari di masa depan Bantuan daerah inilah yang menjadi landasan untuk menopang besarnya bantuan yang disalurkan pada tahun politik ini.

Dengan mempertimbangkan berbagai alasan tersebut, pantaskah jika disebutkan mengapa berbagai aliran bantuan menurun pada tahun-tahun politik? Apakah ini suatu kebetulan atau hanya masalah bagi masyarakat lokal?

Di tahun politik, banyak permintaan dan dukungan yang datang dari masyarakat. Memang bantuan datang setiap tahun, namun hanya berbeda parpol yang memperhatikannya, karena ini tahun politik. Bantuan ini akan disalurkan  pemerintah. 

 Penerima perlu membawa beberapa berkas seperti kartu keluarga asli, KTP asli, surat keterangan anak atau wakil yang tergabung atau menjadi bagian dari  keluarga dimana nama  penerima terdaftar disana.

Direktur Departemen Keuangan menerima kunjungan tersebut, beserta staf desa dan  lingkungan hidup daerah. Topik hari ini adalah memastikan hubungan baik antara kantor dan otoritas lokal. Mitra penyalur bantuan ini, PT Pos, diketahui merupakan lembaga dukungan pemerintah yang bertanggung jawab dalam pengiriman berbagai barang dan jasa.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, layanan pengiriman menjadi lebih populer karena munculnya beragam layanan pengiriman dan pengantaran serta terbatasnya jarak dan waktu yang diperlukan untuk aktivitas bekerja dari rumah yang ada.

Oleh karena itu, ketertinggalan dan pemanfaatan jasa POS saat ini sudah semakin berkurang, bukan karena jobdesk  PT POS lebih kecil dari sebelumnya, namun karena semakin banyak orang yang bertanya dan menggunakan jasa ekspedisi dari komunitas yang ada. PT POS dalam kehadirannya telah menjadi mitra yang baik dari dahulu, dan tetap eksis di era meningkatnya berbagai jalur pengiriman dan paket hemat pengiriman barang. 

 PT POS terus berkontribusi dalam memberikan pelayanan  prima.

 Tulisan terkait hal ini, bisa juga di baca di blog kompasiana penulis, berdasarkan link berikut ini:

https://www.kompasiana.com/sitiaisyah110385/65b9b55512d50f332d4e0a32/penyaluran-bantuan-rice-cooker-melalui-pt-pos 

Senin, 06 Mei 2024

KEGIATAN MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA SEBAGAI MEDIA TRIKOMUNIKASI

Konferensi Verifikasi dan Evaluasi Data Gizi KIA  dengan Diskusi Masyarakat Desa Pelaksanaan kegiatan ini adalah diskusi masyarakat desa oleh UPT PKM Lamurukung.

Pelaksanaan verifikasi dan evaluasi gizi dan kesehatan ibu dan anak kemungkinan besar tidak hanya mencakup diskusi langsung mengenai gizi dan kesehatan ibu dan anak, namun juga kegiatan dan laporan dari puskesmas mengenai pembangunan kesehatan di bidang tersebut. Sambutan yang disampaikan menyambut baik hasil kerja tersebut dari beberapa materi yang disampaikan antara lain: 



  • Laporan Kepala Desa mengenai kontribusi Puskesmas tahun ini Beliau memberikan kontribusi nyata terhadap upaya kesehatan desa dengan memberikan dukungan. , remaja dan orang dewasa yang lebih tua.  Selain membantu pembangunan kampung ST yaitu pilar kesehatan yaitu 4, 5, 6, dan 7 yaitu pilar tempat sampah, kami juga membantu dan mengawasi pembuatan saluran air sanitasi atau SPAL untuk setiap rumah tangga di desa tersebut desa.
  • Sambutan dan Petunjuk Kepala Puskesmas pada Konsultasi Masyarakat Desa ini dan Laporan Kepala Puskesmas pada Kegiatan MMD ini sebagai kesempatan untuk melaporkan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan Tim UPT PKM Kesehatan kepada masyarakat desa setempat. Bagi anggota. Bersamaan dengan itu, Kepala UPT PKM resmi mengadakan acara  MMD . 
  • Presentasi dilakukan oleh  bidan desa, khususnya mengenai materi yang berkaitan dengan ibu hamil dan isu-isu yang perlu diperhatikan desa ketika mendukung program pusat kesehatan setempat dan database kesehatan, dari seorang wanita hamil. Pemateri yang hadir juga menyampaikan bahwa pentingnya pengetahuan para kepala desa, khususnya kepala desa di setiap daerah dan kader Poshandu di setiap dusun, adalah untuk mengetahui jumlah ibu hamil di wilayah tersebut dan siapa saja yang hamil. Hal ini dimaksudkan untuk membantu mencegah dan menangani pertumbuhan terhambat dan kelahiran abnormal di masa depan.
  • Pemaparan Koordinator Gizi Puskesmas:  Dilihat dari jumlah anak balita, dilaporkan bahwa anak kecil, khususnya yang datang ke Posyandu, masih minim mendapat gizi. Posyandu Azalea yang Ada Terdapat pemukiman di Posyandu yang proporsi kedatangan bayi hanya 30% dari jumlah bayi yang berkunjung ke PosYandu.
  • Hal ini memberikan penjelasan bahwa masih perlu adanya interaksi dari pemangku kepentingan setempat, khususnya perangkat desa dan kader Posyandu, untuk mendorong masyarakat  datang ke Posyandu.Pemaparan pentingnya buku KIA dan cara penulisan buku KIA bagi pengurus Posyandu yang ada. 
    • Kegiatan ini menunjukkan bahwa kegiatan Posyandu ditujukan kepada ibu hamil yang selalu belajar dan siap datang untuk pemeriksaan kesehatan. 
    • Pada forum ini, kepala bidan desa juga menjelaskan tentang pentingnya pemeriksaan bagi ibu hamil, syarat-syaratnya, hal-hal yang perlu diwaspadai ibu hamil, serta risiko bagi ibu hamil seperti kelahiran pendek, persalinan lama, dan persalinan di waktu yang tidak tepat. usia yang lebih tua. 
    • Persalinan tidak normal, bayi kembar, air ketuban pecah dini, kaki bengkak, bayi tidak bisa bergerak, dan  sebagainya. Masalah ini  perlu dikomunikasikan kepada masyarakat melalui forum ini agar dapat dikomunikasikan kepada komunitas dan keluarga ibu hamil secara spesifik, Bahkan bagi ibu hamil  sendiri.
  • Presentasi dari Departemen Lingkungan Hidup UPT PKM  tentang penanganan kegiatan STBM di desa Ittelung khususnya kepemilikan toilet, tempat sampah, makanan  tertutup, jumlah penduduk desa yang menggunakan tong sampah, ketersediaan toilet dan ketersediaan toilet memperbarui data pada. SPAL. Anda sudah memiliki  SPAL  yang berfungsi dengan baik, namun masih banyak SPAL yang  tidak berfungsi seperti yang diharapkan. Masih banyak rumah tangga yang  belum memperkenalkan SPAL. 
    • Hal ini pula yang menjadi perhatian  pemerintah desa terhadap kegiatan yang dilakukan, khususnya pembangunan SPAL yang masuk dalam APBD desa dan menghabiskan dana  yang tidak sedikit. Data dari PKM ini digunakan oleh pemerintah desa untuk penganggaran, pengadaan, dan koordinasi berbagai permasalahan terkait pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat.

Acara diakhiri dengan diskusi dimana masyarakat juga menyampaikan saran dan kritik kepada pemerintah daerah dan puskesmas terkait keberlanjutan hidup dan kesehatan untuk semua.

Dukungan sinergis pemerintah desa, dinas kesehatan, dan masyarakat setempat tentunya akan membantu tercapainya tujuan terciptanya desa STBM sebagai pilar keberlanjutan SDGS, yakni menjadi desa percontohan bagi desa lainnya.

Catatan: Tulisan ini adalah hasil review dari tulisan penulis dari blog kompasiana,

https://www.kompasiana.com/sitiaisyah110385/65c0626712d50f5f7161ea52/edisi-kegiatan-mmd-trikomunikasi-puskesmas-pemerintah-desa-dan-masyarakat

 





TAAT PAJAK BAGI DESA

Kegiatan pemeriksaan pajak di KPP Pratama Pentingnya pengetahuan perpajakan dan kepatuhan perpajakan bagi pemerintah desa. Desa dalam proses pengelolaan keuangan berbasis transparansi dan akuntabilitas.

Transparansi pengelolaan dana desa dapat diwujudkan dalam bentuk komite transparansi dan konsultasi pengelolaan dana, serta sosialisasi  penggunaan dana desa sejalan dengan perkembangan masyarakat Indonesia. Kepatuhan perpajakan bagi seluruh masyarakat Indonesia merupakan landasan pemerataan pembangunan Indonesia.

Sebagaimana diketahui, pengeluaran dan  pajak unit usaha organisasi tertentu, serta pajak perseorangan tertentu, merupakan salah satu sumber pembiayaan pembangunan Indonesia. Kepatuhan perpajakan dan pengetahuan perpajakan harus disebarluaskan ke seluruh masyarakat.

Maka pihak kantor pajak  bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa memutuskan untuk mengundang pihak desa, dalam hal ini aparatur desa, dan  kepala desa sebagai pengelola keuangan, pengelola keuangan utama, yang membayar pajak. Sesi ini berisi peninjauan Laporan Pertanggungjawaban APBDes Tahun  2023 dan  monitoring Penilaian Keuangan Dana Desa Tahun 2023.

 Ada beberapa alasan untuk hal ini:

  1. Pentingnya penyelarasan Laporan Realisasi Pertanggungjawaban APBDes dengan laporan Siskeudes online dan Siskeudes offline yang  dilakukan oleh Departemen Keuangan.
  2. Pentingnya agar kredit pajak yang diberikan dalam permohonan Siskudes mematuhi peraturan perpajakan pemerintah pusat.
  3. Dalam hal ini berdasarkan pajak  KPPN Pratama atau Kantor Pajak yaitu PPN 11%, PPH 21, 22 dan PPH 23, dan disesuaikan dengan NPWP  pengusaha atau pasangan perorangan yang ada.
  4. Pembuatan sertifikat elektronik bagi pegawai pajak atau kepala desa.
  5. Sertifikat elektronik ini akan digunakan untuk memudahkan petugas pajak (dalam hal ini desa tertentu) dalam menyampaikan SPT sesuai peraturan yang ada dan rekening masing-masing.
  6. Hal ini memungkinkan lembaga (dalam hal ini desa) untuk melaporkan pajak tahunan sesuai dengan peraturan desa  dan melakukan penagihan dan pembayaran elektronik langsung dari rekening masing-masing.
  7. Selain itu, Anda juga dapat menginput hasil pelaporan pajak yang ada ke dalam aplikasi Siskeudes yang sudah ada.
  8. Faktur elektronik dan pembayaran pajak dilakukan di KPP Pratama, dan pembayaran dilakukan melalui POS, namun hingga saat ini, aparat pajak dan aparat desa masih belum bisa menerbitkan faktur elektronik.

Seperti yang diketahui di  setiap kantor pemerintahan pasti ada POS corner. Hal ini akan memudahkan setiap orang yang ingin membayar pajaknya untuk melakukannya dalam satu atap. Rekening pajak dan laporan pajak. Deklarasi pajak berarti mengkoordinasikan perhitungan pajak oleh bagian keuangan pada aplikasi Siskeudes dan penyelesaian pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama. 

Kegiatan ini sangat bermanfaat dan perlu diperhatikan serta dilaksanakan secepatnya. Karena kemajuan  desa didasarkan pada transparansi, akuntabilitas, dan pemanfaatan sumber daya desa  sesuai dengan tujuan dan prioritas pembangunan masyarakat Indonesia.

Sumber: Tulisan Penulis Sendiri di Platform Kompasiana, yang di edit sedemikian rupa, menghasilkan tulisan baru. 

https://www.kompasiana.com/sitiaisyah110385/65c08bd112d50f61ce181452/kegiatan-rekon-pajak-di-kantor-pajak-pratama

 


Minggu, 05 Mei 2024

penyebaran Informasi melalui media brosur sosial media

Penggunaan Brosur dan penyebaran Informasi melalui media brosur

Era internet sekarang ini, tidak bisa dipungkiri bahwa telepon genggam atau smartphone sudah menjadi kebutuhan tersier dan sekunder bagi kalangan masyarakat. Bahkan bisa menjadi kebutuhan primer dikalangan pekerja, pengusaha, pelajar, mahasiswa, guru, dosen dan berbagai profesi lainnya yang Tidka bisa lepas dari teknologi. 

Semakin meningkatnya penggunaan internet khususnya untuk Smartphone, menjadikan pembelian smartphone dari berbagai merek semakin meningkat, bahkan ada yang memiliki 2-3 smartphone yang membedakan antara smartphone untuk pribadi, bisnis dan pekerjaan. 

Selain itu, penggunaan internet yang tidak beraturan dan tidak terbendung lagi, meningkatnya.oembeliam kuota internet dalam.bentuk.kartu, paket data, paket telpon dan berbagai paket internet lainnya di cell-cell dan berbagai variasi paket internet dan penggunaan kartu lainnya.

Berbagai fitur yang diberikan oleh smartphone dengan berbagai kecanggihannya kita bisa bertukar informasi terkait berbagai hal termasuk dalam hal perekrutan mahasiswa baru dan penyebarluasan berita melalui. Sebagai media.sspeti, status whats app, chat what's app, instagram, Twitter,tiktok,Facebook dan berbagai sosial media lainnya.

Penyebarluasan informasi secara media sosial ini,dianggap.lebijampuh dan lebih terarah dengan baik dan mampu menjangkau berbagai pihak, karena diketahui bahwa tidak ada orang yang bisa lepas dari sosial media. Juga tidak ada orang yang tidak memiliki sosial.media selama dia memiliki smartphone, juga dapat menjangkau berbagai lapisan masyarakat,mulai dari anak-anak, pelajar/mahasiswa, ibu/bapak dan orang renta sekalipun biasa juga memiliki sosial media. 

Untuk penggunaan atau penyebarluasan pamplet dalam bentuk gambar di sosial media, lebih diperbanyak di banding dengan pemasangan pamflet di tempat-tempat strategis, walaupun penggunaan pamflet di tempat umum, seperti kawasan sekolah atau kampus tersebut tetap dilakukan sebagai bentuk sosialisasi dan transparansi dari pendaftaran atau pembukaan tentang kegiatan tertentu.




Dalam pamflet atau brosur pendaftaran, apa saja yang perlu atau harus ada didalamnya, diantaranya: 

  • Tujuan brosur tersebut diadakan misalnya pembukaan pendaftaran, atau lowongan kerja dan lainnya.
  • Jenis pembukaan dan jalur apa yang harus ditempuh
  • Syarat-syarat yang harus diperhatikan dalam pendaftaran tersebut
  • Apa saja program dari kampus tersebut (hal ini menguraikan tentang berbagai hal yang ada didalam kampus atau sekolah, agar pendaftar merasa tertarik masuk dalam atau bergabung dengan kampus tersebut.
  • Waktu atau jadwal pendaftaran
  • tempat Pendaftaran 
  • Background gambar ada beberapa untuk mengidentikkan kampus tersebut dengan berbagai fasilitas dan program yang terlaksana.
  • Kontak person atau narahubung yang dicantumkan jika masyarakat ingin bertanya lebih lanjut (narahubung yang ada, bisa berupa kontak no.hp/WhatsApp, Ig, tik-tok dan berbagai sosial media organisasi/perusahaan tersebut.

Tertarik menggunakan pamflet atau brosur untuk menyebarluaskan berita atau informasi tertentu, ini dianggap lebih menarik dengan. Berisi gambar-gambar dibanding uraian sosialisasi atau menggunakan selebaran kertas  yang hanya berisi satu lembar, namun berakhir ditempat sampah jika dibagikan ke masyarakat.

Sosial media juga menjadikan, organisasi atau perusahaan lebih hemat akan anggaran kertas dan biaya cetak, dan untuk biaya-biaya tersebut dibawa kepada biaya internet atau menggunakan wifi dari kampus atau organisasi yang ada.karena diketahui dalam setiap organisasi atau perusahaan tidak jarang semuanya memilki wifi sebagai fasilitas yang wajib ada. 

Sabtu, 04 Mei 2024

Menggalakkan Konsumsi Buah Segar

 Konsumsi Buah Segar

Manusia membutuhkan tenaga dalam bekerja. Tubuh yang sehat diperoleh dari makanan dan minuman serta pola hidup sehat secara rutin.  Pola hidup sehat dimulai dari konsumsi makanan yang bergizi. Sebagaimana kita ketahui yaitu 4 sehat 5 sempurna. Salah satu yang memiliki pengaruh besar dalam pola hidup sehat manusia adalah konsumsi buah-buahan.


Di sekitar kita terdiri dari berbagai jenis buah-buahan. Mulai dari buah yang berasal dari biji-bijian dan mengandung berbagai serta dan vitamin didalamnya sampai kepada berbagai jenis variasi bentuk, warna dan rasanya. 





Menggalakkan Konsumsi Buah Segar

Beberapa orang, ditemui tidak mengkonsumsi buah-buahan. Termasuk orang di sekitar penulis tidak mengkonsumsi buah yang memiliki tekstur yang lembek, namun untuk buah dengan tekstur yang agak keras atau kasar, mengkonsumsi dengan alasan agak enek melihat dan merasakan buah yang lembek. 

Selain daripada itu,  tidak semua orang memiliki kesukaan yang sama terhadap buah-buahan. Ada yang suka dan ada pula yang tidak suka dari berbagai jenis varian buah.

Salah satu contoh yang sering kita temui yaitu buah durian yang sangat disukai oleh orang namun adapula yang sangat enek dan ingin muntah jika melihat dan merasakan aroma dari buah durian yang sangat khas dan sangat kuat. 

Buah-buahan menjadi cemilan dan pengantar makanan setelah mengkonsumsi makanan yang berat. Buah-buahan bisa kita jumpai dimana saja, di pasar tradisional dan Tidak jarang disekitar rumah kita pola bisa menemukan buah dalam jumlah yang sedikit ataupun banyak.

Buah memiliki banyak manfaat salam berbagai kebermanfaatannya. Salah satu buah yang dicari dan selain digunakan sebagai buah untuk pereda tenggorokan, juga memiliki berbagai khasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit, seperti diare, penyakit demam berdarah, pengusir nyamuk dan lainnya. Jenis buah tersebut adalah buah jambu biji atau buah "jampu geressi" dalam bahasa bugisnya.

Buah jambu biji ini sangat disukai oleh kalangan anak-anak. bahkan dimasa kecil penulis, setiap hari setelah pulang sekolah, pergi kebun dan menjelajahi pematang sawah atau kebun untuk berburu buah biji ini. Karena rasanya sangat enak,apalagi jika buahnya sudah agak memerah jambu atau kekuningan, Rasanya sangat manis. 

Jambu biji adalah jenis buah yang sekarang ini sudah jarang kita temui di sekitar kita, bahkan tidak jarang atau bahkan tidak pernah kita temui di perjalanan belikan di pasar tradisional atau super market. Jikapun ada, di kota-kota besar diperjualbelikan dan berasal dari jenis buah jambu yang berbeda, dan rasanya berbeda dengan jambu biji yang di kebun atau sawah. Jambu biji sekarang ini, selain dari buahnya yang cukup besar, juga berasal.dari persilangan jambu biji dari luar dan hasil mutasi gen sehingga dikalangan orang kampung biasanya hanya disebut jambu biji pertanian, karena biasanya ditemui dan ditemukan dan diperoleh bibitnya dari dinas pertanian. Seperti itulah kami mengenalnya. 

Selain jambu biji, yang merupakan buah dari  dulu berada di sekitar kita. Salah satu buah pendatang baru dan baru beberapa tahun belakangan ini di kembangbiakkan serta disukai oleh masyarakat sekitar yaitu buah naga. Buah ini bukan buah asli dari Indonesia dan buah ini adalah buah yang berasal dari luar negeri namun dikembangkan di Indonesia dan ternyata cocok di lidah masyarakat Indonesia. 

Buah Naga

Untuk jenis buah ini hanya cocok di kontur tanah yang tidak basah dan lebih menyukai daerah dengan tingkat panas yang lebih banyak karena sangat membutuhkan cahaya matahari untuk perkembangannya. jenis buah ini mirip dengan jenis tanaman kaktus yang berduri disisinya, namun memiliki buah yang sangat manis. jenis buah naga ini juga memiliki berbagai jenis warna buah, mulai dari warna ungu, warna kuning dan ada pula warna hijau. 


Untuk rasanya tidak terlalu manis, dan sedikit tawar, sehingga cocok untuk dicampur dengan variasi es buah dan makanan lainnya, biasa juga dimakan langsung. 

Mengkonsumsi banyak buah yang kaya akan serta dan vitamin dapat menjadikan diri dan tubuh menjadi segar, apalagi bagi anak balita sangat cocok mengkonsumsi buah.begitupun dengan orang tua yang sudah memiliki usia renta, salah satu alternatif makanan yang harus selalu dikomsumsi adalah buah-buahan. 

Mari galakkan menanam buah-buahan dan mengkonsumsi buah agar tubuh jadi tetap bugar dan sehat.

DAMKAR SERTA MASYARAKAT MENYELAMATKAN SAPI YANG TERPELESET DI SUMUR

Petugas Pemadam Kebakaran (DAMKAR) berhasil mengevakuasi seekor sapi milik warga yang terpeleset dan jatuh ke dalam sumur di desa itterung k...