Senin, 20 Mei 2024

PEMELIHARAAN SARANA DAN PRASARANA: SDM, ALAT DAN BAHAN, JENIS DAN SPESIFIKASI BARANG

Secara umum, ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan: jumlah pekerja dan relawan, alat dan bahan, serta jenis dan  spesifikasi barang.



Permasalahan tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut: 

A. Sumber daya manusia/tenaga relawan: 

  • Pentingnya penyediaan sumber daya manusia untuk  perawatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana yang ada.
  • Apabila suatu sekolah tidak memiliki atau merawat tenaga-tenaga tersebut, maka sarana dan prasarana sekolah tidak akan terpelihara dengan baik.
  • Tenaga kerja atau relawan tersebut antara lain:   
  • Guru dan siswa:  Selain menjamin proses pembelajaran, guru dan siswa juga wajib menjamin kebersihan dan ketertiban di sekolah.
  •  Gotong royong/swadaya masyarakat:  Gotong royong dan gotong royong seperti ini biasa terjadi pada lembaga pendidikan yang berada langsung di tengah masyarakat, terutama pada kegiatan perbaikan drainase dan kegiatan lain yang menjadi bagian dari komite madrasah.
  •  Pekerja Sementara dan Musiman : Tidak semua dari  pekerja sementara dan musiman ini dibutuhkan oleh sekolah, namun dibutuhkan pada waktu-waktu tertentu.
  •  Ini termasuk kegiatan seperti pembangunan gedung.
  •  Wali Sekolah atau Wali Sekolah:  Setiap sekolah wajib mempunyai Wali Sekolah atau Wali Sekolah.
  • Penjaga sekolah mempunyai tugas untuk melindungi sekolah dari berbagai hal yang tidak diinginkan, terutama perangkat elektronik.
B. Alat dan Bahan :  

alat dan bahan yang digunakan dalam pemeliharaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah yang ada.
  •  Alat-alat yang digunakan untuk pemeliharaan antara lain cangkul, sapu, sapu ijuk, ember, sekop, selang kain, dan sikat.
C. Jenis Produk dan Spesifikasi  Terdapat berbagai jenis lembaga pendidikan dan infrastruktur.
  •  Setiap jenis barang mempunyai jenis perawatan yang berbeda-beda.

 Apabila berbagai sarana dan prasarana  tidak dipelihara dan dikelola dengan tepat sasaran, maka hal ini tidak hanya berdampak pada tercapainya tujuan pemeliharaan sarana dan prasarana tersebut, namun juga  mempercepat kerusakan sarana dan prasarana tersebut.

Dari berbagai permasalahan yang ada, dilakukan dalam kegiatan pemeliharaan sarana dan prasarana yang ada. Kegiatan ini menjadi dasar dalam pemahaman tentang pentingnya sarana dan prasarana yang ada. 


PENTINGNYA SUPERVISI KLINIS BAGI GURU

Supervisi atau pengawasan.

Supervisi merupakan suatu langkah pengawasan yang dilakukan guna untuk meminimalisir dan mengetahui keberlangsungan kegiatan pembelajaran atau kegiatan lainnya sebagaimana rencana yang telah direncanakan di awal dan berdasarkan RPP Dan silabus atau materi ajar yang dijadikan acuan. 

beberapa pengertian Supervisi Klinis Menurut Ahmad Sudrajat. supervisi klinis adalah supervisi yang menitikberatkan pada peningkatan pembelajaran melalui siklus yang sistematis. Supervisi klinis mengacu pada supervisi yang terjadi karena pembelajaran tidak terjadi atau proses pembelajaran yang signifikan perlu diperbaiki, dan merupakan supervisi yang jarang terjadi.

Gambar: Rapat Kegiatan Supervisi

Supervisi klinis mencakup kata “klinis” yang berarti harus diberikan perawatan tindak lanjut yang segera dan tepat sasaran agar pengawasan dapat terjadi. Mengapa dikatakan hal ini jarang terjadi Karena ini adalah proses pembelajaran di kelas, maka semua guru  telah dilatih profesi guru dan berkompeten penuh, sehingga diperlukan supervisi langsung  untuk meningkatkan aktivitas dan  proses pembelajaran.

Adapun dalam kegiatan supervisi sebagai bentuk pengawasan diantaranya: Siklus diawali dengan tahap perencanaan dan dilanjutkan dengan observasi dan analisis  intensif terhadap kinerja pembelajaran dengan tujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Ada beberapa alasan penting mengapa pemantauan klinis diperlukan. Ini termasuk: 

  • Tidak ada feedback dari individu yang berkompeten mengenai praktik profesi yang sesuai dengan  standar kompetensi dan kode etik.
  •  Kurangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dalam proses pembelajaran.
  •  Hilangnya identitas  profesional.
  •  Kelelahan Kerja. Ini bisa disebabkan karena banyaknya muatan pembelajaran yang diberikan serta padatnya jadwal pembelajaran yang ada.
  •   Kode Etik Pelanggaran yang Akut. Inia rtinya adanya hal-hal yang dilanggar dalam hal kode etik atau perilaku yang tidak pantas dilakukan oleh seorang guru atau tenaga kependidikan.
  •  Kesalahan besar dan berulang.
  •  Supervisi klinis membantu mengembangkan profesionalisme guru.

Hal ini dilakukan dengan mengatasi kekhawatiran dan kebutuhan guru terkait dengan tugas mengajar mereka. Tujuan supervisi klinis adalah: Untuk memberikan umpan balik yang obyektif kepada guru tentang kegiatan pendidikan saat ini. Membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi guru di kelas khususnya dalam proses belajar mengajar.

Membantu guru  mengembangkan keterampilan dalam menggunakan strategi pengajaran. Sebagai dasar penilaian kemajuan pendidikan dan penilaian kenaikan pangkat guru dalam jabatan atau kegiatannya. Secara konsisten membangun perilaku positif di kelas untuk meningkatkan kompetensi pribadi dan meningkatkan profesionalisme pribadi.

Kegiatan Supervisi yang baik dan terarah yang dilakukan oleh kepala sekolah atau pengawasan sekolah atau madrasah dilakukan guna untuk peningkatan mutu pendidikan dan mutu layanan guru serta pengembangan ilmu dan teknologi guru dalam pengawasan dan kegiatan supervisi yang terbaik.  supervisi klinis, ini ditekankan kepada guru yang memang tidak memiliki kompeten dan dianggap paling membutuhkan dorongan serta contoh dari pengawas, supervisi klinis ini dilakukan secara darurat dan paling parah dilakukan dan paling besar jangkauannya karena langsung menyentuh kepada supervisi pembelajaran. supervisi klinis merupakan tindak lanjut dari kegiatan supervisi pembelajaran yang dilakukan yang tidak memiliki efek yang baik terhadap pendidikan yang ada. 

 


ORGANISASI DAN PERILAKU

Dalam suatu organisasi berisi dengan sumber daya manusia yang penuh dengan berbagai perbedaan. perbedaan yang ada diantaranya, perbedaan latar belakang, pendidikan, sosial, budaya dan lainnya. perbedaan yang ada menghasilkan berbagai perilaku yang berbeda pula. diantaranya perbedaan dalam menanggapi masalah dan lainnya. perbedaan ini akan menimbulkan dampak terhadap orGanisasi. Jika tidak bisa diolah dengan baik, maka dapat menghasilkan miss komunikasi antara anggota organisai dna hal ini tidak baik bagi keberlangsungan organisasi. 

Gambar: Kegiatan Organisasi

Perilaku organisasi semakin berkembang sesuai dengan pengenalan perilaku individu, kelompok, dan organisasi. Baik itu atasan maupun bawahan, perilaku positif sumber daya manusia  menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, yang pada akhirnya meningkatkan kinerja individu dan organisasi.

Sebaliknya, perilaku negatif sumber daya manusia dalam suatu organisasi menimbulkan suasana buruk di tempat kerja. Kebutuhan manusia selalu bersifat dinamis dan tidak statis dari tahun ke tahun atau hari ke hari. Artinya kebutuhan manusia terpenuhi antara hari ini dan hari esok, meliputi kebutuhan pangan, sandang, dan papan; kebutuhan sandang; kebutuhan pangan, sandang, dan papan; Kecuali tiga hal  yang tidak boleh dilakukan dalam ruang hidup. Jadi ketika sebuah organisasi bergerak, kebutuhannya pun berubah  sebagaimana  kita semua mempunyai kebutuhan yang berbeda.

 Bagi anak sekolah, mereka tidak hanya membutuhkan buku, alat tulis, baju dan seragam sekolah, tetapi juga laptop dan komputer. Tukang ojek membutuhkan sepeda motor untuk melakukan pekerjaannya, dan tenaga penjualan membutuhkan orang untuk berbelanja.

 Berbicara tentang kebutuhan memang rumit. Hal yang sama berlaku untuk organisasi dengan  berbagai sumber daya yang dimilikinya dan kebutuhan sumber daya manusia untuk mengelolanya.  Hal inilah yang membentuk kebiasaan dan perilaku organisasi.

 Kalaupun perilaku ini tergolong tinggi di lembaga pendidikan dalam artian kepemimpinannya sudah ditunjukkan dengan baik, lain ceritanya jika menyangkut keberadaan lembaga pemerintah yang merupakan gabungan tugas pokok, fungsi, dan tujuan yang harus dipenuhi dicapai. Peran pemimpin organisasi adalah menerjemahkan tugas-tugas yang terkait dengan fungsi ini ke dalam tindakan nyata.

 Oleh karena itu, semua pemimpin di organisasi pemerintah berupaya memperjelas peran yang harus dimainkan oleh bawahannya dan tujuan yang diharapkan dari peran tersebut. Namun  perilaku ini tidak selalu digunakan oleh para pengurus di organisasi pemerintahan.

 Karena peran yang akan dimainkan biasanya dirumuskan dalam suatu konsep organisasi, pemimpin organisasi menggunakan perilaku ini hanya ketika bawahan menyimpang dari peran dan tujuan yang  dirumuskan. Perilaku organisasi mengacu pada semangat kepemimpinan dan kontrol yang dilakukan oleh para pemimpin dengan pola pikir manajerial sebagaimana mereka diketahui sebagai manajer dari organisasi yang dipimpinnya.

 


Minggu, 19 Mei 2024

TUGAS PEMERINTAH DESA BUKAN SEKEDAR ADMINISTRASI DAN PELAYANAN, NAMUN JUGA?

 Desa dan berbagai fasilitasnya, adalah memiliki kewajiban dalam mengelola secara otonom terhadap daerah dan berbagai sumber daya yang dimilikinya. Dalam kapasitas ini, desa lebih dari sekedar administrasi nasional atau pelayanan  masyarakat.

Namun demikian, tugas utama desa, khususnya pemerintahan desa dalam kelangsungan hidupnya, adalah menjamin dan mendukung pembangunan  berbagai sektor masyarakat, baik dalam bidang perekonomian, pembangunan infrastruktur, pembangunan manusia, pendidikan, kesehatan, informasi dan pembangunan. komunikasi. dan ketahanan pangan.

Program ketahanan pangan menjadi hal yang sangat menjadi perhatian pemerintah desa, seiring dengan kebijakan-kebijakan pemerintah pusat tentang food estate. Atau kebijakan penangulangan dan meningkatkan pangan dari pemerintah desa sehingga bisa mengakomodir berbagai kebutuhan  masyarakat. 

Peraturan ketahanan pangan pemerintah menetapkan bahwa minimal 20% dari seluruh sumber daya desa yang masuk digunakan untuk ketahanan pangan, sehingga dalam pemanfaatan sumber daya desa yang ada, dukungan tenaga pemulihan juga akan menjadi prioritas. Hal ini menunjukkan kuatnya dukungan pemerintah desa terhadap ketahanan pangan masyarakat.

Apalagi saat ini minat masyarakat terhadap pertanian dan ketahanan pangan lainnya di bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan  semakin meningkat. Hal ini juga didukung oleh berbagai dukungan dari pemerintah pusat dan daerah melalui penyediaan berbagai fasilitas untuk melakukan pelatihan ketahanan pangan. Contoh: Program YESS Departemen Pertanian.

Selain mengomodir perilaku dan kegiatan YESS dalam bidang pertanian di desa, juga bisa mengakomodir di berbagai kegiatan-kegiatan di desa, seperti pelatihan-pelatihan tentang pertanian dan ketahanan pangan, seperti  diantaranya Program YESS memberikan kesempatan kepada petani muda dan milenial  untuk mengikuti berbagai kursus pelatihan pertanian, kejuruan dan pemanfaatan pekarangan rumah dengan bercocok tanam.

Pemuda dari peternakan yang ada dilatih tentang metode pertanian dan kewirausahaan yang efektif. Ini adalah kegiatan  pemerintah pusat. Ketahanan pangan yang didanai pemerintah desa kini mencakup pengadaan pupuk dan benih untuk buah-buahan, sayuran, dan lain-lain.

Sebelumnya, pemerintah desa juga mengadakan pelatihan bagi perempuan dan ketahanan pangan. Mirip dengan artikel sebelumnya yang dijelaskan oleh penulis sebelumnya. Kegiatan lain yang dilakukan antara lain: Pengadaan benih sayuran oleh pemerintah desa.

Didistribusikan kepada masyarakat lokal, khususnya kelompok perempuan tani desa yang sudah mapan. Hal ini telah  dibahas sebelumnya pada konsultasi pembentukan kelompok perempuan tani yang dibentuk dalam proses pelaksanaan kursus pelatihan perempuan. Sebuah program pelatihan ketahanan pangan  masyarakat yang berfokus pada mengembalikan masyarakat ke penghijauan. Acara ini akan dibawakan oleh pembicara dari dinas ketahanan pangan daerah kabupaten atau kota.

Benih yang dibagikan Pemkot sebagian besar merupakan benih sayuran yang biasa dikonsumsi warga sekitar, seperti benih tomat, cabai, terong, kangkung, dan bayam. Benih yang diberikan terutama dibagikan kepada masing-masing kelompok, terutama empat kelompok yang mewakili pemukiman. Setiap kelompok dibagi menjadi beberapa kelompok.

 Masing-masing kelompok kemudian mempunyai kewajiban untuk membuat kebun sayur, menanam benih yang ditanam di dalam tanah, kemudian menanam benih yang sudah  ada, setelah itu masyarakat setempat akan menerima benih dari kelompok perempuan tani di wilayahnya dan dapat mulai berkebun sendiri menyebar.

 Dasar-dasar dan kegiatan aktif menanam sayuran di pekarangan atau pekarangan rumah anda. Kelompok perempuan tani yang sudah ada ini diharapkan mampu kembali menanamkan semangat  berkebun pada seluruh masyarakat.

Kegiatan ketahanan pangan yang dilakukan  masyarakat desa tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan penghidupan masyarakat saat ini, namun juga menjadi landasan dan acuan untuk menjaga ketahanan pangan di masa depan. Kegiatan ini berkelanjutan. Warga setempat akan terus didorong untuk kembali berkebun dan menanam sayur-sayuran, dan dikatakan ketersediaan pangan lokal akan selalu terjaga, saat ini dan di masa depan.

Menanam sayuran meningkatkan penghijauan dan fotosintesis sayuran Yanga, yang  menghasilkan energi dalam bentuk oksigen segar. Oksigen ini berasal dari  fotosintesis tumbuhan hijau yang diperoleh dari sayuran tersebut.

Dampak keamanan pangan yang ada saat ini merupakan tindakan nyata untuk mengurangi dan mendukung kegiatan pemerintah, serta perlindungan lingkungan dan penggunaan sayuran impor yang dibeli di pasar tradisional dan supermarket terdekat Menanam sayuran di kebun Anda juga mengurangi pengeluaran harian Anda dan memungkinkan Anda menggunakan uang yang Anda beli untuk keperluan lain. Selain  menanam sayuran, kegiatan juga dapat ditingkatkan dan dijual kembali kepada masyarakat dan pengepul sayuran.

Dari penjelasan ini, diketahui bahwa pentingnya peran pemerintah desa untuk mengakomodir berbagai keluhan masyarakat dan guna untuk pemberdayaan masyarakat di berbagai bida, khsuusnya dalam bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan budidaya lainnya. Selaian sebagai cara untuk peningkatan ekonomi desa, juga bisa meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan ilmunya. 


WANITA DAN BERBAGAI KOLEKSINYA

Wanita dan Segala Perhiasannya Kita para wanita mungkin sudah mengetahui berbagai perangkat yang disertakan. Peralatan  yang ada seperti perhiasan, furniture, pakaian, buku hobi, dll.

Perlengkapan Wanita yang dikenal sebagai aksesoris wanita di seluruh dunia juga disukai untuk berbagai perhiasan lainnya, apapun bentuk aktivitas yang ada. 

Wanita mana yang tidak menyukai aksesoris dan perhiasan? Mungkin alasan dilakukannya kegiatan ini adalah perlunya menyiapkan anggaran yang sesuai untuk kegiatan ini. Wanita dan Segala Perhiasannya Kita para wanita mungkin sudah mengetahui berbagai perangkat yang disertakan. Peralatan  yang ada seperti perhiasan, furniture, pakaian, buku hobi, dll.

Bagi Wanita introvert atau yang suka menyendiri, mungkin mengoleksi pakaian mungkin tidak, karena jarang bepergian atau lainnya. Wanita introvert mungkin lebih suka dan kebiasaaanya yang mengoleksi buku-buku, baik buku bacaan novel, buku pengembangan diri, buku menulis atau koleksi yang hampir sama dengan yang itu. Namun bagi yang ektrovert mengoleksi berbagai pakaian, jeans, rok, gamis, sepatu, sneakers dan lainnya, koleksi film-film korea dan drama serta berbagai poster drama lainnya. menjadi persoalan dan banyak diminati kalangan muda sekalian.

 Perlengkapan Wanita yang dikenal sebagai aksesoris wanita di seluruh dunia juga disukai untuk berbagai perhiasan lainnya, apapun bentuk aktivitas yang ada.

Wanita mana yang tidak menyukai aksesoris dan perhiasan?Mungkin alasan kegiatan ini adalah perlunya menyiapkan anggaran yang sesuai untuk kegiatan ini. Di sini kehidupan sederhana diupayakan dalam banyak aspek, terutama di dapur dan rumah, yang memenuhi kebutuhan terlebih dahulu, baru aspirasi.

 Apalagi bagi kita para wanita yang memiliki banyak  kebutuhan akan perawatan kulit dan kebutuhan kewanitaan lainnya,  jika kita cerdas dan  merencanakan banyak hal dalam hidup dan mulai menjalani hidup sederhana, hal tersebut bisa menjadi dambaan kita. Terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan kita. Atau biasa disebut dengan  hidup hemat sesuai gaya hidup Anda saat ini. Cobalah untuk menjalani kehidupan yang  sederhana dan terencana. Misalnya, sangat mudah untuk mempersiapkan dan merencanakan sesuatu untuk berbagai kebutuhan. Misalnya, jika Anda bisa menabung sejumlah uang, Anda bisa membeli  barang yang Anda inginkan. Hal yang sama berlaku untuk koleksi lainnya. 


SETELAH GAGAL PANEN, APAKAH MILENIAL MASIH MENGGELUTI BIDANG PERTANIAN?

 Halo saudara-saudara.

Saat ini, pekerjaan apa yang sedang populer untuk pekerjaan selain pekerjaan kantoran? Berbagai pekerjaan memberi rezeki bagi kita, sang penguasa penghidupan yang ada. Tidak dapat disangkal bahwa uang dibutuhkan untuk segala hal dalam hidup.

Saya tidak berbicara secara materialistis, saya berbicara tentang langkah-langkah yang harus diambil seseorang untuk benar-benar mencapai hasil  dalam bentuk uang atau upah. Pekerjaan kita adalah pekerjaan yang memerlukan kegigihan untuk mencapai hasil yang optimal.

Sama halnya dengan bekerja sebagai pekerja kantoran, pengusaha, atau petani. Bertani merupakan suatu profesi yang diawasi oleh seseorang. Sebab, kelangsungan hidup petani tidak bisa diprediksi hanya dengan mengharapkan hujan dari langit atau dari sumber air hujan di pagi hari tanpa pengairan.

Itu sebabnya kita sering mendengar hal-hal seperti: Bertani dikatakan sebagai profesi  paling bersih yang lahir dari keringat, karena tidak ada unsur riba. Dalam suatu komunitas, terdapat beberapa kegiatan pertanian yang dilakukan di suatu wilayah tertentu, sehingga di beberapa wilayah mungkin terdapat panen padi atau  hanya  dua atau satu kali penanaman atau dua musim tanam  dengan penanaman padi dan penanaman tanaman palawija lainnya seperti ubi jalar atau jagung.


Tempat makan dan minum ini mempertimbangkan kewenangan pemerintah pusat saat ini serta kelestarian lingkungan khususnya lingkungan sekitar kita. Kegiatan di bidang pangan selaras dengan kelestarian lingkungan hidup yang  dapat dicapai masyarakat melalui kedaulatan petani dan terpeliharanya ketahanan pangan  masyarakat.

Salah satu dukungan pemerintah dalam kegiatan food estate ini adalah pemerintah memberikan pupuk  dan jagung gratis kepada masyarakat pada pagi hari, sekaligus melakukan penanaman tanaman di masyarakat.

Nah, beberapa keluhan yang banyak dilontarkan masyarakat dalam mencoba memberi nama kawasan pangan ini adalah seputar isu penyakit tanaman penyebab tumbuhnya tanaman. Penyakit tanaman yang ditemukan di sini antara lain ulat dan serangga.

Penyakit ini kembali menyerang tanaman jagung petani setelah hujan pada siang hari mendatangkan ulat. Saat ini hujan turun tidak teratur di beberapa wilayah Indonesia. Seperti diketahui, hujan deras setiap hari terjadi di  wilayah. 

Hujan yang terjadi saat ini tidak dapat diketahui atau diciptakan, maraknya banjir, tanah longsor, banjir bandang dan kecelakaan serta berbagai bencana alam yang melanda akhir-akhir ini, sehingga  proses ini khususnya tanaman pangan menjadi rugi total dan mengakibatkan lahan warga dialiri banjir dan rusak. Akhirnya gagal panen total bagi masyarakat yang terdampar. Karena bukan hanya kegagalan dalam sektor pertanian, dan perkebunan juga dalam sektor perumahan dan tempat tinggal yang rusak. 

Selain itu, di beberapa tempat masih bisa panen namun dalam jangka panen yang sangat sedikit. Oleh karena itu, tanaman jagung tidak berbuah, dan kalaupun berbuah, buahnya sangat kecil. Oleh karena itu, para petani khawatir bahwa hasil yang mereka capai tidak sesuai dengan usaha mereka dan dukungan iklim yang ada semakin berteriak bahwa itu adalah keseimbangan.

Di beberapa kondisi lainnya, menyatakan bahwa harga jagung yang sangat anjlok dari 4300/Kilogramnya menjadi 2500 per kilogram nya. beberapa akun tik tok dan media sosial beberapa hari ini, terjadi petani yang meradang, karena jumlah pengeluaran dari bertani jagung yang tidak sedikit, bahkan untuk harga bibit yang di keluarkan dengan jumlah panen yang tidak sesuai. 

Beberapa kondisi ini, menimbulkan sikap ambil tindakan secara cepat oleh pemerintah khususnya dinas pertanian untuk memerintahkan Bulog yang mengakomodir lumbung pangan pemerintah untuk turun secara langsung kepada petani jagung untuk membeli petani, agar harga yang dimiliki agak lebih besar dibanding dengan penjual atau pembeli yang dilakukan oleh masyarakat yang tentunya akan mengambil untung dan berada di bawah harga dari gudang blog. 

Kondisi yang semakin tragis ini, semoga bisa menjadi dasar dan acuan bagi pemerintah untuk tetap memperhatikan petani jagung dan berbagai permasalahannya.



MEMBANGUN KEDISIPLINAN DIRI

 Disiplin adalah keadaan yang tercipta dan dibentuk melalui proses tindakan yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan, dan ketertiban. Disiplin dalam proses pendidikan sangatlah penting, karena tidak hanya  menjaga kelancaran suasana belajar mengajar, tetapi juga membantu membentuk kepribadian yang kuat dalam diri setiap siswa.

Gambar 1.1 Apel Pagi Sebegai Bentuk Kedisiplinan Diri

Perilaku ini terjadi melalui proses bimbingan dari keluarga, pendidikan, dan pengalaman. Disiplin merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan  proses belajar mengajar, namun  melihat situasi madrasah saat ini, Kepala Madrasah Laudlotul Hidaya Kota Bangun mengatakan, ``Siswa belum disiplin.

 Hal ini disebabkan karena kurang percaya diri dan tidak adanya tanggung jawab untuk mematuhi peraturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh madrasah, bertentangan dengan apa yang diharapkan  dari madrasah.

Oleh karena itu, kegiatan ekstrakurikuler kepanduan dianggap mempunyai kontribusi dan manfaat Pramuka mewakili nilai-nilai yang berkaitan dengan kedisiplinan, sehingga sikap disiplin dapat memberikan semangat kepada siswa. Tentu saja hal ini perlu dilaksanakan dengan baik.

 Bapak Amit Dana Ikma menjelaskan bahwa melatih siswa untuk menjaga disiplin bukanlah pekerjaan yang mudah dan cepat.Hal ini memerlukan upaya berkelanjutan dan pemikiran mendalam dalam mengambil serangkaian keputusan moral, yang harus diikuti dengan tindakan nyata agar praktis dan bijaksanaannya. Butuh beberapa waktu agar semua hal tersebut menjadi kebiasaan dan membentuk karakter serta perilaku seseorang.

 Perilaku disiplin seseorang tercermin baik secara individu maupun kolektif, dalam  keluarga, masyarakat, dan bangsa. Karakter dan moralitas juga menjadi tanggung jawab sekolah dalam pendidikan. Kegiatan ekstra kurikuler seperti kegiatan kepramukaan mempunyai peranan penting dalam membangun kedisiplinan siswa. Selain menjadi kegiatan ekstrakurikuler  wajib di luar kurikulum 2013 juga mempunyai dampak yang sangat positif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa.

 Adanya kegiatan ekstrakurikuler kepanduan dapat menggugah semangat para siswa dalam menaati peraturan yang telah ditetapkan di madrasah, sehingga wajar jika ada salah satu dari mereka yang antusias melaksanakan sholat zuhur bersama di masjid induk As Hasilnya, jumlah siswa diperkirakan akan bertambah.

Sholat dzuhur juga diwajibkan bagi seluruh umat Islam, sehingga menonjolkan nilai-nilai keagamaan siswa. Hal ini dikarenakan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka banyak mengandung nilai-nilai positif, misalnya saja nilai-nilai kedisiplinan dan ketuhanan.

Selain itu, konteks sekolah juga mempunyai kepentingan strategis. Anda juga dapat membantu siswa menghayati nilai-nilai Pramuka. Mampu berinteraksi dengan masyarakat, ramah lingkungan, dan menjaga disiplin.

 Ada dua kegiatan yang sangat mendasar dalam dunia pendidikan Yaitu kegiatan intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler.

  • Pertama adalah kegiatan pokok pendidikan, dimana  terjadi proses belajar mengajar antara siswa dan guru untuk menggali materi keilmuan yang berkaitan dengan tujuan pendidikan dan keterampilan yang ingin diperoleh siswa.
  •  Kedua, kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan lebih lanjut aspek-aspek tertentu dalam kurikulum 2013, seperti bagaimana penerapan praktis ilmu  yang dipelajari  siswa sesuai dengan  kebutuhan lingkungan hidup sekitarnya.

 


DAMKAR SERTA MASYARAKAT MENYELAMATKAN SAPI YANG TERPELESET DI SUMUR

Petugas Pemadam Kebakaran (DAMKAR) berhasil mengevakuasi seekor sapi milik warga yang terpeleset dan jatuh ke dalam sumur di desa itterung k...